Ilustrasi. Foto: MI
Ilustrasi. Foto: MI

Cara PGN Genjot Pendaftaran Gas Bumi hingga 268%

Annisa ayu artanti • 13 Juni 2025 20:19
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), anak usaha Pertamina di sektor gas, kembali membuktikan ketajaman strateginya dalam pemasaran modern. 
 
Lewat pendekatan Marketing 5.0 yang menggabungkan teknologi digital dan pendekatan emosional, PGN berhasil mendorong lonjakan signifikan pendaftaran layanan gas bumi.
 
Dalam menghadapi gaya hidup konsumen yang makin hybrid, PGN mengadopsi strategi omnichannel. Ini menyatukan kanal digital dan interaksi langsung, terutama dalam memasarkan dua produk andalannya yaitu GasKita untuk segmen rumah tangga dan UMKM serta GasLine untuk segmen industri dan komersial.

Kampanye “Bedah Dapur Gaskita”: Cara Seru Tarik Perhatian Keluarga Muda Salah satu kampanye yang mencuri perhatian publik adalah Bedah Dapur Gaskita. Kampanye ini menyasar keluarga-keluarga di kawasan Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta.
 
Baca juga: Kurangi Impor, Begini Strategi Pemerintah-PGN Amankan Gas Domestik

Lewat pendekatan emosional dan interaktif, termasuk live streaming di TikTok Shoppertainment, kampanye ini menjanjikan hadiah renovasi dapur untuk pendaftar terpilih.
 
Hasilnya, lebih dari 11,6 juta impresi tercatat, dan pendaftaran layanan GasKita melonjak hingga 268 persen selama Agustus-Oktober 2024. Khusus bulan Oktober, jumlah pendaftar tercatat lebih dari 1.400 orang, dibandingkan hanya 390 orang pada bulan Agustus.

PGN gabungkan dunia fisik dan digital

Untuk memudahkan calon pelanggan, PGN juga menghadirkan strategi phygital alias perpaduan fisik dan digital. Kamu bisa Webrooming lewat situs www.pgas.id untuk cari informasi produk. Showrooming di berbagai pameran di area pengembangan jaringan gas.
 
Ini jadi solusi cerdas bagi pelanggan yang ingin eksplorasi informasi dulu secara online, lalu lanjut berinteraksi langsung.

Sasar bisnis lewat Google Ads

PGN juga jeli memanfaatkan potensi pasar industri. Untuk segmen B2B, strategi digital marketing dioptimalkan lewat Google Ads, dilengkapi landing page khusus untuk memudahkan pendaftaran langsung.
 
Langkah ini terbukti efektif menjangkau pelaku bisnis yang memerlukan energi bersih dan efisien seperti gas bumi.
 
Atas keberhasilan strategi pemasarannya, PGN diganjar penghargaan OMNI Brand of The Year 2025 oleh Marketeers. Kampanye multi platform PGN dinilai unggul dalam aspek Creativity, Innovation, Reach, dan Impact, menjadikannya teladan dalam transformasi digital sektor energi.
 
“Strategi yang adaptif sangat diperlukan seiring terjadinya perubahan pola komunikasi masyarakat yang semakin digital,” ujar Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini, dalam keterangan tertulis, Jumat, 13 juni 2025.
 
Ratih menambahkan bahwa kemudahan pendaftaran melalui kanal online serta konsultasi langsung secara daring turut menjaga prospek pertumbuhan pelanggan gas bumi di tengah era transisi energi.
 
“PGN terus berupaya merespon perubahan tersebut agar tetap relevan dalam mengedukasi pasar mengenai energi transisi yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas bumi,” tambahnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan