Ilustrasi Kereta Api Indonesia. Foto: Dok KAI
Ilustrasi Kereta Api Indonesia. Foto: Dok KAI

KAI Salurkan Rp25,5 Miliar untuk Bantuan Masyarakat hingga UMK

Eko Nordiansyah • 28 Desember 2022 18:35
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyalurkan dana Rp25,47miliar untuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di 2022. Total bantuan TJSL ini meningkat 34 persen dibandingkan pada 2021 sebesar Rp19 miliar yang disalurkan dalam bentuk Bina Lingkungan, Program Kemitraan, dan Community Relations
 
"KAI konsisten menyalurkan TJSL sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan yang terus melaksanakan good corporate governance. Bakti BUMN atau TJSL yang KAI salurkan tetap memperhatikan dampak positif dan keberlanjutan," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Desember 2022.
 
Pada program Bina Lingkungan, KAI telah menyalurkan dana Rp9,6 miliar selama 2022 untuk 246 kegiatan yang meliputi bantuan pendidikan, bantuan pelestarian alam, bantuan sarana ibadah, bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan sosial kemasyarakatan, serta bantuan korban bencana alam dan non alam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti pada saat gempa Cianjur, KAI menerjunkan Rail Clinic dan ambulans serta relawan untuk memberikan layanan kesehatan bagi para korban gempa. Selain itu, KAI juga memberikan bantuan berupa selimut, sembako, popok, obat-obatan, dan berbagai barang kebutuhan korban lainnya.
 
Saat terjadi gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Februari 2022, KAI memberikan bantuan senilai total Rp100 juta dimana pada tahap pertama KAI memberikan bantuan logistik berupa sembako, perlengkapan memasak, sabun mandi, dan popok. 
 
Selain itu, KAI juga memberikan bantuan untuk korban gempa di Tapanuli Sumatera Utara, korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur, korban banjir yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah, Garut Jawa Barat dan kebakaran di Kota Karang Teluk Betung Timur, Lampung.
 
"KAI sebagai BUMN senantiasa siaga dan siap melakukan tanggap darurat dalam sejumlah bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah, khususnya di wilayah kerja KAI. Program KAI Peduli yang merupakan TJSL perusahaan, KAI jalankan untuk menunjukkan kehadiran langsung KAI di masyarakat," ungkap Didiek.  
 
Melalui program Bina Lingkungan 2022, KAI memberikan bantuan untuk pelestarian alam di sejumlah daerah. Bantuan pelestarian alam tersebut berupa penghijauan di Bandung, Bogor, Cirebon, Garut, Purwokerto, Madiun, Temanggung, Medan, dan Tanjungkarang. 
 
"Di tahun 2022, KAI telah melakukan penanaman sebanyak 77 ribu pohon di berbagai daerah dalam rangka mendukung program BUMN Hijaukan Indonesia," tambah Didiek.
 
Dalam rangka membantu pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), KAI menyalurkan Rp7 miliar dan terdapat 774 mitra binaan KAI aktif di tahun ini pada Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil dengan total nilai penyaluran sebesar Rp21 miliar. UMK tersebut meliputi sektor industri, jasa, perdagangan, perikanan, pertanian, peternakan, dan lainnya. 
 
Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya. Untuk memperluas pasar para mitra binaan KAI telah meresmikan Teras UMK di Stasiun Bandung yang merupakan sebuah outlet sebagai media mitra binaan mempromosikan produknya.
 
"KAI terus berkontribusi untuk UMK Indonesia sehingga dapat terus maju, berkembang, dan bersaing di dunia industri nasional. KAI sangat mendukung keberlangsungan UMK melalui dana kemitraan dan mendorong agar UMK binaan KAI naik kelas," ujar Didiek.
 
Baca juga: Stasiun Gambir Berangkatkan 12 Ribu Penumpang di Hari Natal

 
Adapun KAI melalui program Community Relations memberikan bantuan dalam rangka sosialisasi keamanan perjalanan kereta api serta anti pelecehan dan kekerasan terhadap wanita. Sosialisasi ini dilakukan sebanyak 162 kali dengan menggandeng komunitas-komunitas pencinta kereta api di seluruh area kerja KAI.
 
"Sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang rutin kami lakukan agar para pengguna jalan raya mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mendahulukan perjalanan kereta api pada perlintasan sebidang. KAI juga menggandeng para komunitas untuk mensosialisasikan agar pelanggan kereta api menjaga ketertiban dengan tidak melakukan pelecehan saat dalam perjalanan," ujar Didiek.
 
Di samping sosialisasi, KAI juga memberikan bantuan berupa sarana olahraga, ibadah, dan fasilitas belajar untuk sekolah-sekolah, rumah ibadah, dan sebagainya yang berada di dekat jalur kereta api.
 
Untuk itu, KAI mendapatkan penghargaan di bidang CSR di antaranya Gold Champion kategori BUMN pada ajang Bisnis Indonesia Award 2022, ICSB Presidential Award 2022 pada gelaran Jakarta Marketing Week 2022, serta Juara II Community Involvement and Development Program Kesehatan pada BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2022.
 
"Harapannya seluruh bantuan TJSL di tahun 2022 ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas. Ke depan kami akan terus melanjutkan program TJSL KAI dan berkomitmen memberikan bantuan yang bermanfaat pada pertumbuhan ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, serta terukur," tutup Didiek.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif