Sektor pariwisata global. Foto : Medcom.id.
Sektor pariwisata global. Foto : Medcom.id.

2023, Pariwisata Global Pulih dari Pandemi

Ekonomi pariwisata indonesia Ekonomi Global pandemi covid-19 corona virus
Antara • 21 April 2022 19:23
Manila: Sektor perjalanan dan pariwisata global diproyeksikan akan kembali ke tingkat pra-pandemi pada 2023 dan tumbuh pada tingkat yang akan melampaui pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) global.
 
Industri ini diperkirakan akan mencatat tingkat pertumbuhan rata-rata tahunan sebesar 5,8 persen dari 2022 hingga 2032 versus peningkatan 2,7 persen dalam PDB global, dan menciptakan 126 juta pekerjaan baru.
 
Pada 2019, pariwisata menyumbang sepersepuluh dari PDB dan pekerjaan global tetapi pandemi virus corona menghancurkan industri senilai USD9,6 triliun, mengurangi separuh nilai output-nya dan membuat 62 juta orang menganggur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemulihannya akan sangat luar biasa sehingga akan pulih dengan sangat kuat. Ini tentu saja tergantung pada pembukaan kembali Tiongkok," kata Presiden WTTC Julia Simpson, menyerukan semua pemerintah untuk membuka kembali perbatasan dikutip dari Antara, Kamis, 21 April 2022.
 
Kebijakan nol covid-19 Tiongkok dan penguncian terus-menerus telah mengganggu perdagangan global serta perjalanan domestik dan internasional. PDB industri perjalanan dan pariwisata diperkirakan mencapai USD8,35 triliun tahun ini dan USD9,6 triliun pada 2023, kembali ke tingkat pra-pandemi.
 
"Pekerjaan pariwisata diproyeksikan pulih menjadi 300 juta tahun ini dan 324 juta pada 2023, mendekati 333 juta yang terlihat pada 2019," kata WTTC.
 
"Di Asia-Pasifik saja, PDB industri perhotelan kemungkinan akan mencapai USD3,4 triliun pada 2023, sudah di atas USD3,3 triliun yang terlihat pada 2019," katanya.
 
Dibandingkan dengan Amerika Utara dan Eropa, perjalanan telah tertinggal di Asia-Pasifik karena pembatasan perbatasan yang ketat di banyak negara.
 
"Di Asia Tenggara, para pelancong sekarang kembali ke pesawat ketika aturan masuk kawasan dan karantina covid-19 dicabut. Tetapi pemulihan penuh akan lambat," kata para anggota industri.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif