Ilustrasi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit  - - Foto: MI/ Amiruddin
Ilustrasi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit - - Foto: MI/ Amiruddin

Ekspor Dibuka, Pemerintah Tetap Wajibkan Pengusaha Sawit Penuhi Pasokan Domestik

Eko Nordiansyah • 20 Mei 2022 12:53
Jakarta: Pemerintah kembali mewajibkan ketentuan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) kepada perusahaan Crude Palm Oil (CPO). Kewajiban ini dimaksudkan untuk memastikan pasokan dalam negeri terjamin serta harga domestik yang wajar.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ketentuan ini juga sejalan dengan pencabutan larangan ekspor CPO dan turunannya oleh pemerintah. Menurutnya, kebijakan tersebut akan diikuti dengan upaya untuk tetap menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng.

 
"Sekali lagi saya tegaskan ini untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng, dengan penerapan aturan DMO oleh Kementerian Perdagangan dan DPO," kata dia dalam video conference, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk ketentuan DMO, pemerintah mewajibkan ketersediaan pasokan minyak goreng di dalam negeri sebanyak 10 juta ton. Pasokan ini terdiri dari delapan juta ton minyak goreng dan dua juta ton lainnya sebagai cadangan pasokan minyak goreng untuk kebutuhan domestik.
 
"Kementerian Perdagangan akan menetapkan jumlah besaran DMO yang akan perlu dipenuhi atau harus dipenuhi oleh masing-masing produsen, serta mekanisme untuk memproduksi dan mendistribusikan minyak goreng ke masyarakat secara merata dan tepat sasaran," ungkapnya.
 
Ia pun memastikan produsen yang tidak memenuhi kewajiban DMO ataupun tidak mendistribusikan minyak goreng akan diberi sanksi. Nantinya distribusi pasokan juga akan dipantau melalui aplikasi milik Kementerian Perindustrian.
 
"Ketersediaan pasokan akan terus dimonitor melalui aplikasi digital yang ada di Kementerian Perindustrian sering disebut dengan sistem Simirah dan distribusi pasar juga akan menggunakan sistem pembelian yang berbasis KTP. Tentu target pembelian diharapkan bisa tepat sasaran," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif