Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Roni kurniawan
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Roni kurniawan

Permintaan Melonjak, Pertamina Tambah Stok Pertalite 20% di Sukabumi

Antara • 04 April 2022 08:28
Sukabumi: PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menambah pasokan pertalite untuk wilayah Sukabumi, Jawa Barat sekitar 20 persen. Langkah itu diambil lantaran terjadi lonjakan permintaan terhadap Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis tersebut yang merupakan dampak dari naiknya harga pertamax.
 
"Sudah beberapa hari terakhir ini kami menambah kuota BBM jenis pertalite untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi sekitar 20 persen," kata Sales Branch Manager Rayon 1 Sukabumi Pertamina Andi Arifin, dilansir dari Antara, Senin, 4 April 2022.
 
Ia memaparkan adapun pasokan BBM jenis pertalite pada kondisi normal untuk wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi sebanyak 539 ribu sampai 540 ribu liter per hari, namun saat ini dikarenakan melonjaknya permintaan pasokan menjadi 659 ribu-720 ribu liter setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Andi, terjadinya antrean panjang di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah Sukabumi lebih dikarenakan pengendara panik sehingga mengisi bahan bakarnya secara penuh.
 
Selain itu, pihaknya membantah telah terjadi kekosongan pasokan pertalite di sejumlah SPBU. Padahal dalam kenyataan setiap harinya pasokan tetap tersedia, namun karena adanya lonjakan permintaan sehingga di beberapa SPBU kehabisan persediaan BBM jenis ini, tetapi dari pantauan pihaknya SPBU yang lain masih tersedia.
 
Maka dari itu, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir apalagi sampai melakukan aksi borong pertalite yang menyebabkan persediaannya di beberapa SPBU habis. Pihaknya juga memastikan pasokan BBM lancar selama Ramadan ini.
 
"Antisipasi ada oknum yang memanfaatkan kondisi seperti ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan dan meminta pemilik maupun pengelola SPBU tidak melayani dahulu permintaan dari pedagang BBM eceran untuk antisipasi terjadinya antrean panjang kendaraan," ucapnya.
 
Andi mengatakan PT Pertamina menjamin persediaan BBM hingga Lebaran atau Idulfitri mendatang dan dari hasil pemantauan serta pengawasan di setiap SPBU saat ini kondisi kendaraan yang antre untuk membeli pertalite mulai kembali normal.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif