Apalagi 60 pelaku seni dan budaya Bali langsung diboyong untuk menampilkan tari Kecak, tari Topeng, dan tari Barong hingga memainkan gamelan.
“Paviliun Indonesia kali ini menampilkan atmosfer Pulau Dewata yang berhasil menarik hati para pengunjung Expo 2020 Dubai," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi dalam siaran pers, Kamis, 30 Desember 2021.
Selain budaya Bali, ada pula peragaan busana karya Tjok Abi, pameran busana Muslim dan kontemporer dengan motif batik, tenun, dan kain poleng, serta lokakarya melukis topeng, wayang, kain, kipas, dan tata rias Bali.
Pertunjukan budaya tersebut merupakan kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Bali dan Sanggar Seni Paripurna dari Gianyar, Bali.
Gelaran lokakarya robotik ramaikan Paviliun Indonesia
Selain pertunjukan budaya Bali, Paviliun Indonesia juga menggelar lokakarya robotik hasil kerja sama Kementerian Kominfo dengan mahasiswa Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta sebagai fasilitator.
Para pemuda Timur Tengah yang berkesempatan belajar pemrograman robotik tersebut berasal dari komunitas Project You. Project You merupakan wadah yang memfasilitasi anak-anak muda untuk mengembangkan keterampilan nonteknis (soft skill) di luar jam pelajaran sekolah.
"Kami menggandeng tim robotik dari AKPRINDuntuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia mampu menciptakan inovasi teknologi yang luar biasa. Apalagi, saat ini dunia sedang menggencarkan transformasi digital untuk kehidupan sehari-hari. Ini adalah momentum yang tepat untuk Indonesia semakin menunjukkan kebolehannya di bidang layanan digital,” ujar Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Setjen Kementerian Kominfo, Ichwan Makmur Nasution.
Didi mengungkapkan inovasi robot karya anak bangsa juga turut dipamerkan, yaitu robot berkaki pemadam api, robot pelempar frisbee, robot pelempar anak panah, hingga robot pengantar barang otomatis berbasis IoT.
“Paviliun Indonesia hingga saat ini sudah dikunjungi lebih dari 500 ribu pengunjung. Hal itu memotivasi kami untuk terus menggelar acara-acara yang menarik, mulai dari forum bisnis, pameran produk usaha kecil dan menengah (UKM), dan pertunjukan yang beragam setiap hari. Kami yakin Indonesia mampu bersaing di kancah global,” pungkas Didi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News