Gedung Bappenas. Foto: dok Bappenas.
Gedung Bappenas. Foto: dok Bappenas.

Ibu Kota Negara Pindah, Gedung Bappenas Bakal Jadi Museum

Ekonomi Bappenas museum Ibu Kota Baru IKN Nusantara Ibu Kota Negara (IKN)
Ade Hapsari Lestarini • 29 April 2022 11:51
Jakarta: Pemanfaatan gedung Kementerian PPN/Bappenas pascapemindahan menjadi Museum Bappenas pascapemindahan IKN menjadi urgen karena dapat menjadi rekam jejak pembangunan Indonesia.
 
Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur dapat mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia, sehingga tidak lagi bersifat Jawa sentris. Akan tetapi, rencana pemindahan IKN mengundang sejumlah kegelisahan. Salah satunya terkait nasib gedung pemerintahan di DKI Jakarta setelah ibu kota dipindahkan.
 
Gedung-gedung pemerintahan sejatinya tidak terbengkalai dan membuat Jakarta menjadi seperti kota mati. Pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta tengah memikirkan dan mendiskusikan solusinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai usulan solusi seperti konversi fungsi gedung pemerintahan juga datang dari sejumlah pakar. Untuk lembaga pemerintahan seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, usulan tersebut relevan dengan rencana pendirian Museum Bappenas di gedung Bappenas yang terletak di titik tengah poros Jalan Imam Bonjol-Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.
 
Sekretaris Menteri PPN/Sekretaris Utama Bappenas Himawan Hariyoga menyebutkan inisiasi pendirian Museum Bappenas datang dari Menteri PPN/Kepala Bappenas periode 2016-2019 dan dinilai penting karena Kementerian PPN/Bappenas memiliki kontribusi besar dalam perencanaan pembangunan nasional.
 
"Sebagai perancang pembangunan nasional, Kementerian PPN/Bappenas memiliki peran unik, yaitu membangun peradaban," tegas Sekretaris Menteri/Sekretaris Utama PPN/Bappenas Himawan Hariyoga, dalam keterangan resminya, Jumat, 29 April 2022.
 
Gagasan pendirian museum kemudian resmi direalisasikan pada 2019 melalui pembentukan Tim Kajian Pendirian Museum yang diinisiasi Kepala Biro Humas dan Tata Usaha (TU) Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas Parulian Silalahi.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif