Kepala Bappenas Suharso Monoarfa - - Foto: MI/ Moh Irfan
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa - - Foto: MI/ Moh Irfan

Bappenas: Pengembangan Wilayah 2023 Dorong Kesempatan Kerja Baru

Ekonomi pembangunan lapangan pekerjaan Bappenas ekonomi daerah
Antara • 28 April 2022 20:10
Jakarta: Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan pengembangan wilayah yang merupakan agenda prioritas dalam rencana kerja pemerintah (RKP) 2023 akan mendorong terciptanya kesempatan kerja baru.
 
“Pengembangan akan diarahkan untuk memulihkan kondisi dari pandemi dengan mengadopsi cara-cara baru dan sumber pertumbuhan baru,” katanya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan 2022, Kamis, 28 April 2022.
 
Suharso menuturkan pengembangan wilayah akan dilakukan dengan mengedepankan aspek berkelanjutan seiring adanya pergeseran preferensi konsumen ke arah lebih sehat dan berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arah prioritas itu diharapkan menghasilkan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, konektivitas antarwilayah dan penciptaan ekonomi inovatif dan kreatif.
 
Pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi baru dilakukan melalui percepatan pembangunan kawasan strategis KEK, KI, KSPN dan kawasan lainnya sekaligus pembangunan IKN.
 
Pengembangan pusat pertumbuhan ekonomi baru juga dilakukan melalui revitalisasi kawasan transmigrasi serta pembangunan kawasan perbatasan, daerah tertinggal dan kawasan timur Indonesia.
 
Konektivitas antarwilayah dilakukan melalui pembangunan sistem transportasi nasional mulai dari darat, laut dan udara, sistem logistik nasional serta sistem informasi nasional.
 
Sementara penciptaan ekonomi inovatif dan kreatif akan diwujudkan melalui pengembangan keunggulan berbasis seni, budaya dan sumber daya lokal sekaligus meeting, incentive, convention and exhibition (MICE).
 
Penciptaan ekonomi yang inovatif dan kreatif pun turut diwujudkan dengan penerapan manajemen modern dan IPTEK terkini.
 
"Berbagai upaya ini akan mendorong produktivitas, tercipta kesempatan kerja, memberi nilai tambah dan pendapatan serta mengoptimalisasi ekspor," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif