Ilustrasi Kereta Api jarak Jauh - - Foto: MI/ Atet
Ilustrasi Kereta Api jarak Jauh - - Foto: MI/ Atet

Waskita Bangun Infrastruktur Kereta di Medan Senilai Rp508 Miliar

Ekonomi kereta api BUMN medan waskita karya infrastruktur kereta Kereta Api Jarak Jauh
Antara • 17 April 2022 20:00
Jakarta: PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengerjakan membangun sejumlah infrastruktur Kereta Api (KA) di wilayah Medan dan sekitarnya. Pembangunan senilai Rp508 miliar ini dilakukan melalui unit bisnisnya, Building Division.
 
Director of Operation I Waskita Karya I Ketut Pasek Senjaya Putra mengatakan proyek pekerjaan ini banyak tantangan terutama pada pembangunan Stasiun Utama Kota Medan.
 
“Pekerjaan Pembangunan Emplasemen dan Bangunan Stasiun Medan Tahap II ini adalah pekerjaan pengembangan yang penuh tantangan karena stasiun yang masih aktif beroperasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, 17 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun Waskita diminta untuk membangun proyek Jalur Kereta Api Lintas Medan-Binjai dan Medan-Araskabu (JLKAMB 1) dengan nilai kontrak Rp126 miliar.
 
Selain Jalur Kereta Api, Waskita juga meraih kontrak untuk pembangunan Emplasemen dan Bangunan Stasiun Medan Tahap II (JLKAMB 6) dengan nilai kontrak Rp382 miliar. Stasiun ini adalah stasiun kereta api kelas besar tipe B yang terletak di perbatasan antara Kelurahan Kesawan (Medan Barat) dan Gang Buntu (Medan Timur).
 
Stasiun yang terletak pada ketinggian +22 meter diatas permukaan laut ini merupakan stasiun kereta api utama PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatra Utara dan Aceh yang setiap harinya melayani ribuan penumpang ke berbagai wilayah di Sumatra Utara.
 
SVP Building Division Waskita Karya, Anak Agung Gede Sumadi menambahkan, dari alat berat yang akan digunakan dalam pekerjaan ini seperti mesin bore pile, crane juga launcher gantry membutuhkan space atau ruang bebas dalam melakukan aktifitas.
 
“Masing-masing proyek ini membutuhkan waktu pengerjaan 900 hari. Koordinasi dengan pihak Kereta Api sangatlah diperlukan karena pekerjaan dapat dilakukan pada saat window time atau kereta api tidak dalam posisi melayani penumpang dalam menaikkan atau menurunkan penumpang di stasiun tersebut atau pada titik pekerjaan,” kata Agung.
 
Untuk diketahui, pembangunan JLKAMB 1 lintas Medan-Binjai dilakukan dari Km 0+000 sampai Km 1+745 (P0 - P8) dan untuk lintas Medan-Araskabu yaitu Km 0+000 sampai Km 0+500. Lingkup pekerjaan Waskita pada pembangunan Jalur Kereta Api ini nantinya meliputi Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Pendukung Teknis, Pekerjaan Pier-Pier dan Pekerjaan Track. Sementara pada pembangunan JLKAMB 6 adalah pembangunan Stasiun Kereta Api Elevated.
 
Titik Pekerjaan berada pada Statiun Eksisting (Stasiun Medan) yang aktif beroperasi. Lingkup pekerjaan Waskita pada pembangunan stasiun ini yaitu; Pekerjaan Persiapan, Pekerjaan Tanah, Pekerjaan Bore Pile, Pile Cap, Pier, Box Gider, Voided Slab, Struktur Baja sampai Mekanikal dan Elektrikal.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif