Ilustrasi stok elpiji di tingkat pedagang dan pengecer - - Foto: MI/ Andri Widyanto
Ilustrasi stok elpiji di tingkat pedagang dan pengecer - - Foto: MI/ Andri Widyanto

Konsumsi Pertalite-LPG Bakal Naik saat Mudik, Pertamax Turun

Insi Nantika Jelita • 12 April 2022 13:37
Jakarta: PT Pertamina Patra Niaga mengantisipasi peningkatan kebutuhan energi selama Ramadan hingga menjelang masa mudik Lebaran 2022.
 
Untuk pertalite diperkirakan ada peningkatan sekitar 11 persen, LPG sekitar tiga persen, dan avtur juga sekitar 11 persen. Sementara produk lain seperti pertamax turbo, dex, dexlite, dan solar subsidi diproyeksikan akan sedikit menurun. 
 
"Mulai 11 April-10 Mei akan dimonitor stok dan proses distribusi ke masyarakat. Tim Satgas juga memastikan seluruh fasilitas operasional Pertamina menyalurkan kebutuhan energi dalam periode itu,” imbuh Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam keterangan resmi, Selasa, 12 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk memastikan kebutuhan terpenuhi, Pertamina Patra Niaga menjanjikan stok energi tersedia untuk menyeimbangkan permintaan dengan suplai yang disalurkan untuk masyarakat. Per 9 April ini tercatat rata-rata ketahanan seluruh produk BBM di atas 16 hari, LPG di level 13 hari, dan avtur di atas 33 hari.
 
“Pertamina terus mengamankan suplai pasokan dan proses produksi sepanjang April dan Mei dengan memastikan stok selalu dalam keadaan aman dan mencukupi kebutuhan masyarakat," klaim Alfian.
 
Selama Ramadan dan Idulfitri kali ini, Pertamina Patra Niaga menyiagakan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU, serta menyiapkan seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan baik yang subsidi maupun nonsubsidi.
 
Selain sarana dan fasilitas utama, Pertamina Patra Niaga menyediakan beberapa alternatif dan layanan tambahan untuk memastikan kebutuhan energi dapat disediakan dengan baik. Seperti ada 1.370 SPBU siaga, 48 ribu agen dan pangkalan LPG siaga, 37 kios Pertamina Siaga, penyiagaan 144 unit mobil tangki cadangan atau SPBU kantong dan lainnya.

 
“Jadi di luar seluruh fasilitas reguler, kami menyiagakan layanan tambahan ini selama masa Satgas RAFI. Layanan tambahan ini kami siagakan terutama di jalur-jalur lintas utama dan logistik, lokasi wisata, serta daerah rawan bencana," jelas Alfian.
 
Ketahanan stok dan proses distribusi juga diakui Alfian bakal dimonitor secara real time melalui Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEDCC) yang merupakan pusat informasi penyaluran energi mulai dari hulu hingga hilir selama 24 jam.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif