Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fatahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fatahilah

Pembatalan PPKM Level 3 Diyakini Bakal Genjot Perekonomian

Desi Angriani • 07 Desember 2021 19:28
Jakarta: Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengungkapkan kegembiraannya atas pembatalan PPKM Level 3 pada saat liburan Natal dan Tahun Baru.
 
Pembatalan ini diyakini dapat menggenjot produktivitas perekonomian di akhir tahun dengan diizinkannya pusat perbelanjaan/mal, hotel, restoran, kafe, pusat hiburan, wisata, transportasi, aneka UMKM lainnya untuk beroperasi.
 
"Pelaku usaha menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah atas pembatalan ini karena akan semakin meningkatkan kepercayaan pelaku usaha terhadap masa depan ekonomi kita yang lebih baik," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, momen libur Natal dan Tahun baru tanpa pengetatan PPKM dapat menjadi momentum bangkitnya konsumsi rumah tangga. Hal ini akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional kuartal-IV yang ditargetkan di kisaran 5,5-6 persen.
 
"Tentu dengan pembatalan ini akan sangat mungkin target tersebut tercapai bahkan terbuka kemungkinan diatas target di kisaran 6,5-7 persen," tambah dia.
 
Adapun Indeks Keyakinan Konsumen pada Oktober 2021 kembali ke level optimis yakni di angka 113,4. Jika ekonomi akhir tahun berada di kisaran 5,5 persen maka pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021 akan mencapai sasaran target pemerintah.
 
"Tentu kami mengajak kepada semua pelaku usaha agar kebijakan pemerintah ini harus kita jaga bersama dengan menjalankan prokes secara ketat di tempat usaha masing-masing," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif