Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: Medcom/ Suci Sedya
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: Medcom/ Suci Sedya

Menteri BUMN Ingin PTPN Majukan Petani Tebu

Ekonomi Petani swasembada gula ptpn tebu Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 19 September 2021 16:22
Banyuwangi: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong keterlibatan petani tebu dalam negeri agar bisa maju bersama perusahaan pelat merah dalam mencapai tujuan swasembada gula nasional.
 
Dalam kunjungan ke PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, di Banyuwangi, Erick mengatakan kemajuan yang sudah berjalan di perusahaan BUMN harus benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat.
 
Ia bilang restrukturisasi yang dilakukan di PTPN XII telah memberikan hasil maksimal dengan membaiknya keuangan dan memberi keuntungan sehingga untuk menuju swasembada gula konsumsi, maka diperlukan kolaborasi dengan rakyat dan instansi lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya minta libatkan tebu rakyat, dan lahan milik perhutani sehingga ada peningkatan lahan produksi dari 45 ribu hektar menjadi 85 ribu, lalu secara perlahan hingga tahun 2024-2025 harus menjadi 250 ribu hektar. Jika hal itu tercapai, maka impian indonesia menjadi negara pengekspor gula akan terwujud," kata Erick dalam keterangan resmi, Minggu, 19 September 2021.
 
IGG mencapai rendemen dan persentase gula tebu tertinggi dilingkup pabrik gula BUMN. Terlebih, perusahaan ini memiliki potensi-potensi lain berkat kemajuan teknologi industri yang digunakan. Erick bergarap semua ini berdampak langsung kepada peningkatan kualitas usahatani tebu dan para petani di Banyuwangi.
 
"Jika perusahaan BUMN yang industrinya dekat dengan rakyat bisa maju, maka mereka juga semangat. Terlebih jika BUMN ikut mendampingi para petani tebu di Banyuwangi sehingga usaha taninya makin berkualitas dan lebih sejahtera menikmati hasil jerih payahnya," tegas dia.
 
Oleh karena itu, ia berpesan kepada PTPN meningkatkan keberpihakan pada tebu rakyat dengan cara menghilangkan permainan dalam menilai rendemen tebu milik petani, pemberian bibit unggul, dan bantuan pupuk.

 
"Transformasi jangan malah menyusahkan rakyat. Kemajuan PTPN saat ini harus mendorong mereka punya riset bagus sehingga bisa menghasilkan bibit kualitas yang menolong petani tebu rakyat untuk sama-sama maju. Saya janji musim tahan di tahun depan, petani tebu di Jawa Timur akan dapat bibit berkualitas dari PTPN XII, jika tidak dapat silakan lapor saya," janji Erick.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif