Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

UKM Diminta Manfaatkan E-commerce Demi Bisa Tembus Pasar Ekspor

Husen Miftahudin • 14 Agustus 2023 16:01
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya mengembangkan akses pasar ekspor produk usaha kecil dan menengah (UKM) melalui platform digital. Sehingga nantinya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
"Harapannya, dengan meningkatnya pemahaman dari pelaku UKM terhadap peluang ekspor ke pasar global, akan semakin banyak pelaku usaha Indonesia yang dapat memanfaatkan peluang dan memperluas pemasaran produknya ke berbagai negara melalui niaga elektronik (e-commerce)," ucap Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa (PMSEPJ), Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Rifan Ardianto, dikutip dari siaran pers, Senin, 14 Agustus 2023.
 
Menurut Rifan, peningkatan akses pasar ekspor bagi pelaku UKM dapat dilakukan dengan mudah melalui platform digital seperti lokapasar yang memfasilitasi perdagangan lintas negara, baik dalam hal pemasaran, pengiriman, maupun mekanisme pembayaran.

"Untuk mendorong hal tersebut, pelaku UKM perlu memastikan produk yang ditawarkan memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan di negara tujuan, seperti persyaratan halal bagi produk kuliner dan pengemasan produk sehingga tetap terjaga kondisi produk selama pengiriman dari Indonesia ke negara tujuan," tambah Rifan.
 
Baca juga: Google dan YouTube Beri Rp2 Miliar untuk Akselerasi Digital UKM

Diskusi pengembangan akses pasar UMKM


Terkait hal tersebut, Direktorat PMSEPJ Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag menggelar Forum Diskusi Pengembangan Akses Pasar UMKM Indonesia di Solo Techno Park, Surakarta, Jawa Tengah. Forum ini diharapkan menjadi sarana penyebaran informasi dan diskusi terkait pengembangan akses pasar ekspor bagi Pelaku UKM di Solo dan sekitarnya.
 
Forum ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Startup Ecosystem Summit (ISES) 2023 dan dihadiri lebih dari 150 pelaku UKM. Forum diskusi menghadirkan Atase Perdagangan Kuala Lumpur Deden Muhammad Fajar Shiddiq dan Head of Public Policy Shopee Indonesia Radityo Triatmojo sebagai narasumber.
 
"Narasumber pada kegiatan ini kami pilih dari platform lokapasar (marketplace) yang membuka fasilitas lintas negara (cross border), sedangkan untuk akses pasar ekspor adalah pejabat perwakilan perdagangan RI," ujar Rifan.
 
Selain forum diskusi, disediakan juga fasilitas layanan konsultasi dan coaching clinic secara luring dan daring yang dapat diikuti seluruh peserta untuk berkonsultasi dengan para narasumber. Layanan konsultasi secara luring menghadirkan narasumber Atase Perdagangan Kuala Lumpur.
 
Sedangkan untuk layanan konsultasi secara daring menghadirkan Atase Perdagangan Hanoi-Vietnam Addy Perdana Soemantry dan Atase Perdagangan New Delhi Bona Kusuma. Layanan coaching clinic diharapkan dapat memfasilitasi pelaku UKM yang ingin memasarkan produknya ke negara-negara tersebut.
 
Selain itu, lanjut Rifan, diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi pelaku UKM mengenai hal-hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ekspor ke negara tujuan.
 
"Kemendag secara berkesinambungan akan membantu memberikan akses pasar ekspor bagi UKM, khususnya melalui kolaborasi dengan platform digital yang membuka perdagangan lintas negara dan kantor perwakilan perdagangan Kemendag," kata Rifan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan