baca juga: Arah Pariwisata Indonesia dalam Lima Tahun ke Depan |
"Sangat berdampak, jadi salah satu ketika bicara pariwisata tidak hanya bicara alam, tidak hanya bicara kekhasanahan, tapi juga bicara mengenai event dan 'sport'," kata Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Rizki Handayani, dilansir Antara, Kamis, 2 Mei 2024.
Timnas Indonesia U-23 yang menang beberapa kali mulai dari babak penyisihan hingga semifinal, menurut Rizki, cukup membuat masyarakat dunia tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai Indonesia, termasuk pariwisatanya.
"Piala Asia dimana Indonesia menang beberapa kali itu menjadikan orang (penasaran) apa dan ada apa sih di Indonesia," kata dia.
Promosi pariwisata lewat olahraga
Menurut dia, banyak negara yang saat ini telah memanfaatkan olahraga sebagai salah satu cara untuk mengundang atau mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki."Melalui sport event atau event lain itu bisa didorong dan dikembangkan," kata dia.
Oleh karena itu, dia menyebut Indonesia mesti memanfaatkan peluang itu melalui promosi pariwisata yang terintegrasi.
Berbagai ajang kompetisi level nasional maupun internasional, serta event lain di Indonesia, menurut dia, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menggaet wisatawan mancanegara untuk singgah di Indonesia.
"Jadi wisatawan yang datang adalah wisatawan event mau sport mau musik, mau event bisnis kayak meeting, conference itu yang harus kita dorong, jadi tidak melulu leisure (wisata bersantai)," kata dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id