Presiden Jokowi resmikan Trade Expo Indonesia ke-35 secara virtual - - Foto: Medcom/ Ilham Wibowo
Presiden Jokowi resmikan Trade Expo Indonesia ke-35 secara virtual - - Foto: Medcom/ Ilham Wibowo

Jokowi Buka Trade Expo Indonesia 2020 secara Virtual

Ekonomi ekspor Kementerian Perdagangan trade expo indonesia presiden jokowi Pemulihan Ekonomi Nasional
Ilham wibowo • 10 November 2020 14:12
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Trade Expo Indonesia ke-35 secara virtual. Pagelaran Virtual Exhibition (TEI-VE) 2020 ini demi meningkatkan kinerja ekspor dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.
 
"Walaupun di tengah pandemi, Trade Expo Indonesia harus dirancang dengan sebaik-baiknya, kedepankan kreativitas untuk mendukung keunggulan produk produk kita, meluaskan pasar, serta menjangkau konsumen yang lebih banyak," kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa, 10 November 2020.
 
Menurut Jokowi, di masa pandemi semua negara mengalami gangguan di sisi supply dan demand. Hal ini dikarenakan kebijakan pengetatan arus barang untuk mencegah penyebaran covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, World Trade Organization (WTO) memproyeksikan volume perdagangan dunia 2020 turun 9,2 persen. Meski demikian, Jokowi menginginkan semua pihak bersikap optimistis dalam menghadapi perlambatan perdagangan.
 
"Tahun ini adalah untuk yang ke-35 betul-betul ada perubahan, tidak hanya seremonial semata tapi mampu menghasilkan transaksi ekspor yang tinggi, berdampak signifikan untuk menggerakkan roda perekonomian kita," ungkap Jokowi.
 
Ia menambahkan pameran dagang skala internasional secara virtual ini perlu dioptimalkan sebagai bentuk inovasi promosi di tengah pandemi. Di sisi lain, kualitas produk juga perlu ditingkatkan agar memiliki daya saing dan menarik perhatian mancanegara.
 
"Ini akan menjadi pengalaman baru untuk meningkatkan nilai tambah produk unggulan kita," tuturnya.
 
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menambahkan TEI-VE 2020 hadir untuk menjembatani hubungan para eksportir Indonesia dengan mitra bisnis di seluruh dunia yang terbatas ruang gerak secara fisik. Tema yang diusung tahun ini yaknisustainable trade in digital erauntuk mendorong keberlanjutan produk Indonesia dan promosi produk dalam negeri ke pasar global.
 
"Penyelenggaraan pameran dagang terbesar di Asia tenggara 2020 ini untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual menggunakan teknologi terkini sebagai upaya Kementerian Perdagangan dalam mentransformasi sistem pelaksanaan pameran dagang yang semula dilakukan secara tatap muka ke sistem online sesuai dengan implementasi kebijakan protokol kesehatan," papar Agus.

 
Sejak dibuka pada 21 September 2020, TEI-VE sudah diminati oleh 690 pelaku usaha yang berorientasi ekspor dengan 3.870 pembeli dari 109 negara. Ia berharap pameran dagang yang berlangsung pada 10-16 November 2020 ini membuka pasar ekspor baru ke negara nontradisional.
 
"Kami optimistis dengan kelebihan pada sistem virtual ini penyelenggaraan TEI tahun ini dapat memberikan kontribusi pada peningkatan ekspor walaupun dengan capaian yang akan sulit untuk menyamai hasil penyelenggaraan 2019 yang berhasil mencatatkan transaksi sebesar USD10,96 miliar," ucapnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif