Salah satu spot di The Papandayan Hotel. Foto: The Papandayan Hotel
Salah satu spot di The Papandayan Hotel. Foto: The Papandayan Hotel

31 Tahun The Papandayan: Menegaskan Kembali Filosofi sebagai Hotel Perjuangan

Ekonomi hotel dan spa The Papandayan Hotel hotel mewah
Wandi Yusuf • 30 April 2021 15:11
Bandung: Hari ini, 30 April 2021, The Papandayan Hotel genap berusia 31 tahun. Bertahan lebih dari tiga dekade di bisnis perhotelan bukan perkara mudah. Apalagi dua tahun terakhir industri pariwisata ditempa godam bernama pandemi covid-19.
 
General Manager The Papandayan Hotel, Bobby Renaldi, mengakui jika pandemi merupakan tantangan yang paling nyata bagi sektor pariwisata saat ini. Sebagai bukti, sektor pariwisata yang kerap menjadi penyumbang terbesar kedua bagi devisa negara setelah sawit, harus terpuruk karena wabah covid-19 ini.
 
Di momen ulang tahunnya, The Papandayan menegaskan bahwa pandemi bukan melemahkan bisnis perhotelan, tapi justru menempa untuk jadi semakin kuat. Tak heran jika tagline hari jadi ke-31 ini membawa kalimat yang optimistis; Tribute to Decade of Excellence and Exciting Future.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bobby mengatakan The Papandayan telah menghadirkan dekade-dekade gemilang bagi tamu. Ke depan, hotel ini juga berkomitmen untuk terus menghadirkan masa depan yang menyenangkan.
 
"Komitmen ini berangkat dari filosofi pemilik yang senantiasa menyampaikan tentang daya juang, kerja keras, serta penggunaan akal sehat dalam pengelolaan hotel. Kami akan tetap berkomitmen bahwa The Papandayan adalah hotel perjuangan," kata Bobby kepada Medcom.id, Kamis, 29 April 2021.
 
Usia 31 tahun, lanjut Bobby, menandakan bahwa The Papandayan punya daya mempertahankan keberlanjutan. Hal itu juga menandai adanya konsistensi perjuangan dan kerja keras.
 
The Papandayan juga berkomitmen untuk tetap menggunakan akal sehat dalam mengoperasikan bisnis hotel. "Akal sehat ini menjadi modal, terutama di masa pandemi covid-19 saat ini. Di saat yang lain harus menutup usahanya, kita tetap terus beroperasi," kata dia.
31 Tahun The Papandayan: Menegaskan Kembali Filosofi sebagai Hotel Perjuangan

Raih banyak penghargaan

Selain meneguhkan prinsip 'hotel perjuangan', The Papandayan pun terus merawat slogan 'A Balance in Life'. Menurut Bobby, slogan itu bicara tentang konektivitas antarmanusia.
 
"Bahwa di dalam dunia hospitality, keramahtamahan itu syarat utama," kata dia.
 
Terbukti, The Papandayan meraih beragam penghargaan. Dua di antaranya cukup bergengsi, yakni sebagai hotel dengan urutan kelima pilihan pelanggan di Asia. The Papandayan pun bertengger di peringkat 17 hotel pilihan pelanggan di seluruh dunia.
 
"Pago Restaurant kita bahkan meraih peringkat pertama di Bandung," ujar Bobby.
 
Medcom.id coba berkunjung ke laman Tripadvisor untuk membuktikan klaim itu. Ternyata benar, dari 620 ulasan tentang Pago Restaurant, semua memberikan nilai sempurna atau 5,0. Penilaian ini berdasarkan dua kategori, yakni kualitas makanan dan layanan.
 
"Breakfast di Pago Restaurant enak sekali. Makanannya bersih, banyak macam, rasa sudah jangan ditanya. Dilayani sangat ramah terutama oleh Mas Jajang. Recomended banget nginep di sini," demikian ulasan akun siantyw2020 mengutip dari laman Tripadvisor.
 
(UWA)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif