Ilustrasi Pusat Logistik Berikat - - Foto: Medcom/ Suci Sedya
Ilustrasi Pusat Logistik Berikat - - Foto: Medcom/ Suci Sedya

Dorong Industri Jatim, Barata Bangun Pusat Logistik Berikat di Gresik

Ekonomi logistik Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) bea cukai pusat logistik berikat Barata Indonesia
Suci Sedya Utami • 22 September 2020 18:53
Gresik: PT Barata Indonesia (Persero) segera mendirikan pusat logistik berikat (PLB) di Gresik, Jawa Timur. PLB yang akan dibangun di atas lahan seluas 10.128 meter persegi ini telah mendapatkan izin dari Bea Cukai.
 
Direktur Pemasaran Barata Indonesia Sulistyo Handoko menjelaskan pembangunan PLB akan menunjang kinerja perusahaan lantaran dapat mempersingkat rantai logistik. Kemudian dapat meningkatkan kapasitas industri manufaktur di Jawa Timur terutama dalam rangka penyerapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).
 
"Kehadiran PLB sangat diharapkan dapat menghemat cash flow perusahaan di tengah ketatnya arus kas dampak pandemi covid-19. Kami juga berharap fasilitas ini dapat memberikan manfaat sekaligus penghematan bagi para pelaku usaha khususnya di Gresik, Jawa Timur dalam rangka menurunkan biaya logistik serta menurunkan efisiensi biaya atasdwelling time," ucap Sulis dalam keterangan resmi, Selasa, 22 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Jawa Timur I, Basuki Suryanto mengatakan pemberian izin pembangunan PLB dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi.
 
"Dengan pemberian fasilitas kepada Barata Indonesia diharapkan mampu mendorong kegiatan perdagangan dan industri nasional baik secara langsung maupun tidak langsung," kata Basuki.
 
Lebih lanjut, investasi yang dibutuhkan dalam membangun PLB sebesar Rp3,5 miliar. Nantinya PLB akan menampung banyak komponen dansubsystemseperti turbin pembangkit listrik, material pengecoran, besi baja hinggasteel structure.
 
Lokasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pusat penerimaan barang untuk diolah serta dimanufaktur lebih lanjut baik oleh Barata maupun perusahaan manufaktur lainnya di Jawa Timur.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif