Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: Enesis Group
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: Enesis Group

Mudik Lebaran Diharap Bisa Geliatkan Perekonomian

Ekonomi Kementerian Perhubungan Ekonomi Indonesia Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Angga Bratadharma • 29 April 2022 07:50
Jakarta: Setelah dua tahun pandemi covid-19 akhirnya pemerintah memberikan kelonggaran mudik dengan penyesuaian beberapa aturan guna menekan penyebaran virus mematikan itu. Diizinkannya mudik Lebaran kali ini diharapkan bisa menggeliatkan kembali perekonomian yang perlahan mulai pulih.
 
Menggeliatnya ekonomi Indonesia menjadi penting dan sejalan dengan antusiasme masyarakat yang sangat terasa menyambut mudik tahun ini. Meski demikian, perlu ada kolaborasi antara swasta dan pemerintah agar mudik Lebaran di 2022 bisa aman dan nyaman, terutama menekan penyebaran covid-19.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan sejumlah posko mudik Lebaran di beberapa titik. Selain itu, posko ini lebih optimal karena ada sinergi antara pemerintah dan pihak swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berterima kasih kepada Enesis yang berturut-turut dengan kita dari Kementerian Perhubungan, selalu mendukung untuk bagaimana misi menyangkut masalah keselamatan dalam arti kebiasan masyarakat untuk mencegah covid-19," kata Budi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 29 April 2022.
 
Adapun Enesis Group membuka posko mudik dan arus balik dibeberapa titik di Pulau Jawa sejak 25 April hingga 8 Mei 2022 untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat saat mudik Lebaran. Dalam hal ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan apresiasi atas hal itu.
 
"Posko mudik ini diharapkan dapat mendukung masyarakat agar terbiasa menerapkan protokol kesehatan di titik titik jalur mudik lebaran kali ini," ujar Budi.
 
Chief Sales & Marketing Officer Ryan Tirta Yudhistira menyampaikan kegiatan posko mudik ini adalah program lanjutan dari posko nataru tahun lalu. Sebagai wujud komitmen, Enesis Group konsisten bersinergi dengan pemerintah untuk melayani negeri dan menyehatkan bangsa.
 
"Posko Mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman, serta, sehat saat tiba di tempat tujuan," ucap Ryan.

Momen mudik Lebaran dimanfaatkan para pelaku UMKM

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta agar momen mudik Lebaran dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulan daerah masing-masing. Apalagi tahun ini menjadi momentum mudik Lebaran yang paling ditunggu-tunggu setelah hampir dua tahun tertahan akibat pandemi.
 
Salah satunya melalui pemanfaatan kawasan rest area yang menjadi lokasi favorit pemudik, ketika beristirahat dalam perjalanan ke kampung halaman. Sebagaimana diatur dalam PP Nomor 17 tahun 2021 tentang Jalan Tol, di mana secara resmi mewajibkan pengusaha jalan tol mengalokasikan minimal 30 persen lahan mereka di rest area untuk pelaku UMKM.
 
"Momentum Idulfitri tahun ini juga harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk reborn, tumbuh kembali, melaju, dan semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. Saya berpesan kepada saudara-saudari yang sedang bersiap merayakan Lebaran atau sedang mudik, jangan lupa bangga beli produk UMKM kita," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif