Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Ini Penyulut Penaikan Harga Pertamax

Annisa ayu artanti • 31 Maret 2022 22:40
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menaikkan harga pertamax menjadi Rp12.500 per liter dari sebelumnya sebesar Rp9.000 per liter mulai 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat.
 
Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 31 Maret 2022, mengungkapkan alasan yang menjadi penyulut penaikan harga pertamax.
 
Krisis geopolitik yang terus berkembang sampai saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas USD100 per barel. Hal ini pun mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022 tercatat USD114,55 per barel atau melonjak hingga lebih dari 56 persen dari periode Desember 2021 yang sebesar USD73,36 per barel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menyikapi kondisi ini, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga harus tetap menjaga komitmen dalam penyediaan dan penyaluran BBM kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok negeri," beber dia.
 
Baca juga: Tok! Harga Pertamax Naik Jadi Rp12.500 Mulai Besok
 
Oleh karena itu, untuk menekan beban keuangan Pertamina, selain melakukan efisiensi ketat di seluruh lini operasi, penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terelakkan untuk dilakukan. Namun dengan tetap mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat.
 
"Karenanya, penyesuaian harga dilakukan secara selektif, hanya berlaku untuk BBM nonsubsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 17 persen, dengan rincian 14 persen merupakan jumlah konsumsi pertamax dan tiga persen jumlah konsumsi pertamax turbo, dexlite, dan Pertamina dex," jelasnya.
 
Adapun pemberlakuan penaikan harga pertamax disesuaikan harganya menjadi Rp12.500 per liter (untuk daerah dengan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor atau PBBKB lima persen), dari harga sebelumnya Rp9.000 per liter.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif