Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Kementan

Mentan: Kementan Harus Jadi Pahlawan Pangan Bagi Rakyat

Ekonomi berita kementan
Gervin Nathaniel Purba • 14 Oktober 2020 22:01
Bogor: Menteri Pertanian (Mentan) SyahruI Yasin Limpo mengajak seluruh jajaran kerjanya untuk mengawal kebutuhan pangan rakyat selama beberapa tahun ke depan. Ia berharap sektor pertanian menjadi solusi atas berbagai upaya pemerintah dalam memperbaiki ekonomi nasional.
 
"Karena itu harus ada cita-cita bersama. Inilah saatnya jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) menjadi pahlawan makanan bagi rakyat," ujar Mentan Syahrul dalam acara Rapat Koordinasi Penguatan Kostratani Mendukung Ketahanan Pangan Nasional yang digelar di Bogor Icon Hotel, dikutip keterangan tertulis, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Cita-cita yang dimaksud adalah meningkatkan semua produksi pertanian, agar bangsa Indonesia mampu berdaulat pangan secara utuh. Lebih dari itu, pertanian ke depan juga harus mampu menguatkan pengelolaan managemen secara modern.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus ada cita-cita untuk meningkatkan produktivitas dan memajukan managemen secara baik. Dalam hal ini, sistem modernisasi harus digunakan secara tepat melalui AWR (Agriculture War Room) dan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani)," katanya.
 
Mentan berharap, mulai tahun depan, sistem management pertanian sudah menggunakan teknologi modern yang berbasis artificial intelegen. Langkah ini penting dilakukan agar pemetaan wilayah bisa dilakukan dari satu tempat, bahkan hanya dengan mengandalkan satu tombol.
 
"Petunjuk saya adalah semua harus melakukan pemetaan wilayah untuk menghadapi berbagai persoalan. Termasuk kondisi alam la nina yang akan kita hadapi dalam waktu dekat. Karena itu tahun depan penting bagi kita untuk menggunakan teknologi digital," katanya.
 
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi berjanji, pihaknya akan memperkuat koordinasi hubungan kerja sekaligus meningkatkan komitmen para penanggung jawab dalam pendampingan kostratan ke depan
 
"Yang terpenting kita akan memasyarakatkan implementasi kostratani dan menjalankan semua arahan pak Menteri," ujarnya.
 
(ROS)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif