Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: MI/ Sumaryanto
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: MI/ Sumaryanto

2021, AP II Bidik Peningkatan Pergerakan Penumpang dan Pesawat di 19 Bandara

Ekonomi bandara penerbangan angkasa pura ii
Suci Sedya Utami • 06 Januari 2021 13:28
Jakarta: PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pergerakan penumpang dan lintas pesawat di 19 bandara meningkat dibandingkan 2020. Jumlah penumpang dibidik meningkat 27 persen menjadi 45 juta penumpang.

Tahun lalu, total seluruh bandara AP II melayani 35,54 juta orang, atau di atas target Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) perubahan yang sebesar 24,6 juta penumpang.
 
Demikian juga dengan lalu lintas pesawat ditargetkan bisa mencapai 543 ribu pergerakan baik take off maupun landing. Target ini meningkat 32 persen dibanding capaian 2020 yang melayani 412.186 pergerakan pesawat.
 
Untuk mencapai target ini, perseroan mencanangkan strategi business recovery 2021 guna mempercepat pemulihan bisnis menuju kondisi sebelum pandemi. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan ditetapkanya strategi business recovery ini tentunya dengan melihat perkembangan vaksin yang sudah tersedia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di dalam strategi business recovery ini terdapat sejumlah program salah satunya adalah corporate renewal program agar Angkasa Pura II dapat selalu beradaptasi untuk mengikuti momentum pemulihan ekonomi," kata Awaluddin dalam keterangan resmi, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Awaluddin menjelaskan di dalam corporate renewal program terdapat tiga fokus utama yaitu lean operation guna memastikan operasional tetap ramping agar dapat menyesuaikan dengan segala kondisi (operational excellence).
 
Kemudian leading digital agar aspek kepemimpinan teknologi tetap dominan dalam  mendukung operasional dan layanan (digital experience). Serta leapfrogging the corporation agar perusahaan dapat melakukan berbagai terobosan dengan selalu mencari berbagai peluang bisnis.
 
Lebih lanjut, melalui strategi business recovery, bandara-bandara AP II dapat membuka kembali rute-rute yang sempat ditutup pada 2020, meningkatkan frekuensi penerbangan di dalam satu rute, serta mengoptimalkan slot time penerbangan.  

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif