Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Di Tengah Pandemi, AP II Hemat Biaya Operasional Rp1,8 Triliun

Ekonomi penerbangan angkasa pura ii
Suci Sedya Utami • 06 Oktober 2020 20:07
Jakarta: PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan strategi business survival yang dijalankan di tengah pandemi covid-19 dapat menghasilkan penghematan sebesar Rp1,8 triliun di sisi operasional.
 
Dalam strategi tersebut, AP II menerapkan tiga program yakni penghematan (cost leadership), penyesuaian belanja modal (capex disbursement) dan memperketat manajemen arus kas (cash flow management). Penerapan strategi tersebut berdampak terhadap kinerja perseroan yang masih positif hingga kuartal ketiga ini.
 
"Dari anggaran biaya operasional yang sudah disiapkan pada awal tahun ini, kami dapat melakukan penghematan sekitar Rp1,8 triliun. Penghematan merupakan salah satu kunci dalam menghadapi tantangan pandemi covid-19,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin melalui keterangan resmi, Selasa, 6 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penghematan yang dilakukan perseroan di 19 bandara, misalnya, adalah penggunaan air dan listrik. Sepanjang April-September 2020 perseroan dapat menghemat konsumsi air hingga 56 persen dari yang dianggarkan pada awal tahun, sementara itu penggunaan listrik dapat dihemat sebesar 42,75 persen.
 
Adapun di Bandara Soekarno-Hatta, efisiensi dilakukan dengan penyesuaian pola operasional. Saat ini Bandara Soekarno-Hatta beroperasi melayani traveler di Terminal 2D, 2E dan Terminal 3. Sementara itu melihat tren penerbangan yang ada, Terminal 1 dan Terminal 2F tidak melayani penerbangan untuk sementara waktu.
 
“Penyesuaian pola operasional dilakukan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II dengan tetap memperhatikan aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan,” ujar Awaluddin.
 
Di sisi lain, AP II juga melakukan penyesuaian terhadap belanja modal yang semula ditetapkan Rp7,8 triliun menjadi Rp712 miliar. Awaluddin mengatakan belanja modal tahun ini difokuskan untuk proyek yang bersifat multiyears, pemeliharaan fasilitas guna menjamin keamanan, keselamatan, pelayanan, serta perencanaan desain Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif