Aktivitas pengerjaan proyek pembangunan Bendungan Ciawi di Bogor. Foto: dok MI/Dede Sumiati.
Aktivitas pengerjaan proyek pembangunan Bendungan Ciawi di Bogor. Foto: dok MI/Dede Sumiati.

Kendalikan Banjir Jakarta, Bendungan Ciawi dan Sukamahi Siap Dioperasikan

Antara • 04 Desember 2022 19:00
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mengoperasikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada musim hujan saat ini dalam rangka pengendalian banjir di Jakarta.
 
"Sudah selesai, tinggal nanti kami operasikan untuk musim hujan saat ini," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Minggu, 4 Desember 2022.
 
Dia mengatakan pembangunan Bendungan Ciawi sudah selesai dan siap diresmikan pada Desember ini. Begitu pula dengan Bendungan Sukamahi yang juga telah selesai pembangunannya dan siap diresmikan pada Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menargetkan pembangunan Bendungan Ciawi dan Sukamahi dapat selesai pada akhir tahun ini, sehingga bisa meminimalisasi banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
 
Bendungan Ciawi memiliki volume tampung 6,05 juta m3 dan luas area genangan 39,40 hektare untuk mereduksi banjir sebesar 111,75 meter kubik per detik. Kontrak pembangunannya senilai Rp798,70 miliar.
 
Baca juga: Langkah Jakarta Atasi Banjir

 
Bendungan Sukamahi memiliki daya tampung 1,68 juta m3 dan luas area genangan 5,23 hektare dengan manfaat mereduksi banjir sebesar 15,47 meter kubik per detik.
 
Pembangunan Bendungan Sukamahi sudah direncanakan sejak 1990-an dan mulai dibangun pada 2017. Kontrak pembangunan bendungan tersebut senilai Rp464,93 miliar.
 
Pembangunan Bendungan Kering Ciawi dan Sukamahi dalam rangka meningkatkan kapasitas pengendalian banjir Jakarta ketika musim hujan melanda. Sebagai bendungan kering, pengoperasian Bendungan Ciawi dan Sukamahi akan berbeda dengan bendungan lain di mana kedua bendungan ini baru akan digenangi air pada musim hujan, sementara pada musim kemarau bendungan ini kembali kering.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif