Digitalisasi layanan tiket ASDP. Foto: Dokumen ASDP
Digitalisasi layanan tiket ASDP. Foto: Dokumen ASDP

Digitalisasi Kerek Kinerja ASDP

Annisa ayu artanti • 20 Oktober 2022 21:37
Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat kinerja positif seiring diterapkannya digitalisasi dalam layanan tiket.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan transformasi layanan digital tersebut merupakan komitmen ASDP sebagai BUMN dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa di seluruh Indonesia.
 
Sejak Mei 2020, ASDP telah menerapkan digitalisasi layanan pemesanan tiket secara online (e-ticketing) lewat aplikasi dan website Ferizy

"Reservasi tiket online Ferizy ini adalah upaya ASDP bertransformasi di era digital sekarang ini, sekaligus upaya kami untuk terus meningkatkan layanan kepada pengguna jasa," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Oktober 2022.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transformasi layanan digital melalui Ferizy yang telah dilakukan ASDP sebagai upaya BUMN mengikuti perkembangan zaman.
 
Baca juga: Gara-gara Harga BBM Naik, ASDP Naikkan Tarif di 53 Lintasan Mulai 1 Oktober

"Dengan Ferizy, ASDP mampu mengatasi persoalan antrean yang telah terjadi bertahun-tahun di layanan penyeberangan, sehingga secara signifikan menghemat biaya logistik dan mendongkrak pergerakan penyeberangan," ucap Erick.
 
Berdasarkan data ASDP menyebutkan sebelum implementasi Ferizy, pengguna jasa kapal ferry cenderung menyeberang pada malam hari dengan perbandingan 61 persen pada malam hari dan 39 persen siang hari, sehingga membuat produksi malam hari berada di atas kapasitas muat rata-rata kapal dan berakibat antrean kendaraan di pelabuhan.
 
Lalu pada Lebaran 2022, pengguna jasa yang dominan menyeberang pada malam hari berhasil tersebar secara merata melalui pembatasan kuota dengan porsi 42 persen malam hari dan 58 persen siang hari di Pelabuhan Merak, Banten, dan 49,7 persen malam hari dan 50,3 persen siang hari di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
 
Dari data tersebut dapat disimpulkan pengguna jasa sudah tersebar merata di setiap jamnya sesuai dengan jadwal yang dipilih dan kapasitas angkut alat produksi di pelabuhan (flattening the curve).
 
Kemudian selama 2021 hingga 2022, user Ferizy bertambah dari 354.700 user menjadi 385.768 user. Saat ini per 2 September 2022 sudah menembus 1.178.573 user.
 
Adapun jumlah penumpang juga mengalami kenaikan. Pada periode 1 Maret-31 Desember 2020, total jumlah penumpang ASDP mencapai 7.004.012 orang. Lalu, jumlah penumpang yang menyeberang periode 1 Januari-31 Desember 2021 mencapai 11.293.177 penumpang dan jumlah penumpang yang menyeberang pada periode 1 Januari-2 September 2022 tercatat 11.659.275 penumpang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan