Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Riset: 72% Masyarakat Indonesia Pakai Internet untuk Berbelanja, Kamu Salah Satunya?

Angga Bratadharma • 27 Maret 2023 08:30
Jakarta: Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbanyak di dunia. Data APJII menunjukkan pengguna internet di Tanah Air pada 2022 mencapai 210 juta orang, naik sekitar 35 juta pengguna dari tahun sebelumnya. Kemenkominfo mencatat sekitar 89 persen penduduk menggunakan smartphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut tentunya turut mendorong pergeseran perilaku masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi informasi, hiburan, hingga bertransaksi, sehingga melahirkan sebuah tren baru yang dikenal sebagai omnichannel atau strategi penggabungan beberapa kanal penjualan.
 
Mempelajari lebih dalam seputar tren tersebut, perusahaan riset pasar Populix merilis laporan bertajuk 'Omnichannel Digital Consumption Report 2023' yang mengungkap perilaku masyarakat Indonesia dalam menggunakan smartphone, laptop, dan internet sebagai acuan bagi merek dalam memenangkan pasar di era digital dewasa ini.
 
Mengutip Populix, Senin, 27 Maret 2023, berdasarkan laporan tersebut, ditemukan bahwa 89 persen masyarakat saat ini terhubung dengan internet dan sebagian besar dari mereka terhubung melalui perangkat smartphone. Laporan menunjukkan saat ini 72 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk berbelanja, terutama melalui smartphone.
Baca: Indonesia Didukung Perkuat Fasilitas Produksi Bidang Energi Terbarukan, Gimana Caranya?

Oleh karena itu, di tengah pesatnya penetrasi internet dan akselerasi digital, para pelaku bisnis perlu terus beradaptasi dengan cara konsumen mengakses informasi dan bertransaksi seiring dengan pergeseran tren pasar yang muncul berkat adopsi internet dan perangkat digital saat ini.

"Melalui laporan Omnichannel Digital Consumption 2023, diharapkan para pelaku bisnis dapat memaksimalkan, mengembangkan strategi marketing, dan penjualan yang lebih tepat sasaran," ujar Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu.

Menggunakan aplikasi ponsel

Dari survei yang dilakukan terhadap 1.772 laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun ditemukan para pengguna smartphone lebih banyak menggunakan aplikasi ponsel untuk memenuhi kebutuhan komersial dan transaksi mereka, sedangkan laptop atau komputer lebih digunakan untuk mendukung produktivitas sehari-hari, seperti bekerja atau belajar.
 
Menariknya, meskipun frekuensi masyarakat untuk bertransaksi melalui laptop atau komputer lebih rendah, tetapi dari sisi nominal transaksi, masyarakat yang menggunakan laptop atau komputer cenderung mengeluarkan anggaran lebih besar dibandingkan dengan melalui ponsel.
 
Dengan perkembangan internet saat ini, masyarakat juga semakin aktif dalam mencari informasi sebelum membeli sebuah produk. Hal ini terlihat dari 59 persen masyarakat yang mengatakan mereka secara aktif mencari review produk, terutama melalui smartphone.
 
TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat dalam mencari review produk melalui smartphone, sementara mesin pencari menjadi pilihan masyarakat yang menggunakan laptop atau komputer. Tiga informasi seputar review produk yang paling dicari oleh masyarakat meliputi informasi produk, testimoni dari pembeli lain, dan harga.
Baca: Biar Berkontribusi untuk Ekonomi Nasional, UMKM Diajak Naik Kelas Lewat Marketplace

Namun demikian, secara keseluruhan, masyarakat juga menggunakan baik smartphone maupun laptop atau komputer untuk terhubung dengan orang lain seperti mengakses media sosial dan chatting, serta mencari hiburan. Adapun konten hiburan yang paling banyak dicari adalah musik dan film.
 
Sementara konten-konten yang biasa dicari oleh masyarakat di media sosial adalah foto atau video yang menghibur (76 persen), review produk (67 persen), informasi kuliner (63 persen), berita viral (62 persen), berbelanja di media sosial (50 persen), mencari inspirasi fashion (49 persen), dan inspirasi skincare (49 persen).

 
Survei Populix menunjukkan 70 persen masyarakat Indonesia yang disurvei memiliki satu ponsel untuk menunjang aktivitas keseharian mereka, bahkan 28 persen masyarakat mengatakan mereka memiliki dua ponsel dengan merek paling banyak digunakan adalah Samsung (29 persen), Xiaomi (21 persen), iPhone (18 persen), Oppo (14 persen), dan Vivo (sembilan persen).
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan