Ilustrasi - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
Ilustrasi - - Foto: Medcom/ Desi Angriani

Menperin Ajak Masyarakat Beli Produk Fesyen Muslim Lokal

Ekonomi kementerian perindustrian fesyen
Ilham wibowo • 08 Mei 2020 13:37
Jakarta: Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak masyarakat membeli produk fesyen muslim lokal yang dijual melalui marketplace. Hal ini guna mendorong keberlangsungan industri kecil menengah fesyen muslim dalam negeri selama penanganan pandemi virus korona (covid-19).
 
"Kami ajak masyarakat dukung keberlangsungan IKM fesyen muslim dengan membeli produknya," kata Agus saat membuka kampanye Fesyen Muslim Lebaran untuk Semua secara virtual, Jumat, 8 Mei 2020.
 
Menurutnya pemanfaatan penjualan online sangat efektif di tengah pandemi. Pasalnya, masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah dan mengubah transaksi belanja termasuk kebutuhan pakaian Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini akan memberikan dampak besar bagi penjahit, penyedia bahan baku, logistik dan lain-lain. Pada akhirnya jaga ketahanan perekonomian Indonesia meskipun kita sekarang hadapi krisis maha berat covid-19," ujar dia.
 
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, permintaan pasar terhadap fesyen muslim tetap tinggi di masa pandemi covid-19. Namun pandemi mengganggu rantai pasok distribusi bahan baku dan pemasaran, khususnya setelah Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
"Kami ingin perkuat supply chain IKM fesyen muslim mulai bahan baku, desain, produksi, kemudian komersialisasi dan distribusi," tuturnya.
 
Saat ini Kemenperin bekerja sama dengan Shopee Indonesia untuk memaksimalkan serapan produk pakaian jadi secara online. Selain marketplace, pihaknya juga menggandeng akademisi untuk memunculkan inovasi dalam memperkuat produk IKM. Peningkatan kunjungan masyarakat ke situs penyedia layanan penjualan online perlu dimanfaatkan.
 
"Saya maunya target bisa naik 1.000 persen, tapi kita lihat juga kemampuan IKM, paling tidak apa yang sudah disampaikan Shopee dengan kunjungan orang yang naik 25 kali merupakan kesempatan," pungkas Gati.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif