Ilustrasi pemasangan PLTS - - Foto: dok PLN
Ilustrasi pemasangan PLTS - - Foto: dok PLN

Gunakan PLTS, Medco Power Garap Proyek Ekspor Energi Hijau ke Singapura

Ekonomi Ekspor PLTS medco international indonesia-singapura Energi Hijau
Antara • 26 Oktober 2021 09:53
Jakarta: Medco Power bersama konsorsium PacificLight Power Pte Ltd dan Gallant Venture Ltd akan menggarap proyek percontohan ekspor energi hijau menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
 
Proyek yang berlokasi di Pulau Bulan, Provinsi Kepulauan Riau itu telah menerima izin prinsip impor listrik dari Energy Market Authority (EMA) Singapura.
 
"Kami menyambut baik kerja sama dalam mengembangkan proyek PLTS Pulau Bulan. Untuk Indonesia, proyek ini akan membawa banyak manfaat, antara lain meningkatkan investasi energi baru terbarukan, kesempatan peningkatan lapangan kerja dan industri terkait," kata CEO Medco Power Eka Satria dalam keterangan resminya, Selasa, 26 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proyek percontohan itu memiliki kapasitas 670 MWp sebagai tahap awal yang akan menyediakan listrik setara 100 MW non-intermittent ke Singapura. Hal ini sejalan dengan rencana Pemerintah Singapura dalam melaksanakan program Singapore Green Plan 2030 untuk meningkatkan porsi energi terbarukan.
 
Medco Power merupakan produsen pembangkit listrik independen yang didirikan pada 2004, serta bernaung dalam kelompok usaha Medco Energi.
 
Bergerak di sektor IPP dan O&M, Medco Power memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas (gross) lebih dari 3,1 GW yang tersebar di 15 lokasi di Indonesia.
 
Selain dari operasi yang sudah ada, perusahaan juga sedang mengembangkan PLTP Ijen sebesar 2x55 MW di Jawa Timur, PLTGU Riau dengan kapasitas 275 MW, proyek PLTS 2x25 MWp di Bali, serta PLTS Sumbawa dengan kapasitas 26,8 MWp.
 
"Proyek ini merupakan bagian dari komitmen kami terkait perubahan iklim dan rencana pengembangan portofolio energi terbarukan," pungkas CEO MedcoEnergi Roberto Lorato.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif