Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia

KKP: Konsumsi Ikan Penting Guna Ciptakan Generasi Tangguh dan Unggul

Ekonomi Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Sumber Daya Manusia
Antara • 22 November 2021 09:15
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan sebagai sumber protein penting guna menyiapkan generasi tangguh dan unggul. Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas penting karena memengaruhi laju perekonomian.
 
"Makan ikan penting untuk masa depan bangsa, itu kenapa di momen hari ikan nasional (Harkannas) tahun ini kita mengusung tema 'Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul'," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti, dilansir dari Antara, Senin, 22 November 2021.
 
Artati menambahkan, tema tersebut sengaja dipilih dengan harapan bahwa ikan dapat menjadi sumber protein utama dan asam lemak Omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus, tidak hanya untuk Bangsa Indonesia, tapi juga untuk seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun KKP, lanjutnya, akan terus menggencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna memerangi stunting atau masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis.
 
"Kita satu nafas dengan agenda pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kita optimis, dengan asupan bahan pangan bergizi seperti ikan, kita bisa mewujudkan hal tersebut," kata Artati.

Bersinergi

Sebagai informasi, KKP bersinergi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Foodbank of Indonesia, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di pusat, dan daerah serta mitra organisasi kemasyarakatan, profesi dan pelaku usaha mengagendakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Harkannas 2021.
 
Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan di berbagai daerah dan di pusat, antaranya kegiatan Ayo Makan Ikan Sedunia secara luring dan daring, serta aneka lomba berupa lomba cover lagu 'Ayo Makan Ikan'; lomba video kreasi olahan ikan; dan lomba cerita anak dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial.
 
Artati memastikan, rencananya juga akan ada penyerahan Road Map Makan Ikan dari Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan IPB dan Himpunan Alumninya yang berisi usulan rencana strategis untuk meningkatkan konsumsi ikan hingga 2045, untuk mewujudkan Indonesia Emas atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia.
 
"Puncak Harkannas 2021 akan dilangsungkan pada 25 November secara daring dan luring di Kantor Pusat KKP, dan kita mengajak partisipasi masyarakat dalam peringatan Harkannas tahun ini," pungkasnya.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif