Ilustrasi. Foto : MI/Usman Iskandar.
Ilustrasi. Foto : MI/Usman Iskandar.

Orang Bergaji di Bawah Rp5 Juta Lebih Pede Beli Barang Branded di Tengah Pandemi

Husen Miftahudin • 06 Desember 2020 15:34
Jakarta: Survei Perilaku Keuangan dan Konsumsi Masyarakat Jabodetabek yang digelar Lifepal menunjukkan bahwa masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp5 juta lebih berkeinginan untuk membeli barang-barang bermerek (branded) di masa pandemi covid-19.
 
"Responden bergaji di bawah Rp5 juta lebih berkeinginan untuk melakukan pengeluaran dalam membeli barang branded ketimbang responden yang bergaji di atas Rp20 juta," ungkap survei Lifepal dikutip Minggu, 6 Desember 2020.
 
Dalam survei tersebut tercatat sebanyak 29,5 persen masyarakat berpenghasilan di bawah Rp5 juta rela merogoh kocek dalam untuk membeli barang-barang branded di masa pandemi. Sedangkan masyarakat yang berpenghasilan di atas Rp20 juta yang berkeinginan untuk membeli barang-barang bermerek justru hanya 27,3 persen.

Lalu sebanyak 24,0 persen lainnya merupakan masyarakat berpenghasilan di antara Rp5 juta sampai Rp10 juta. Sementara sisanya merupakan masyarakat berpenghasilan di antara Rp10 juta hingga Rp20 juta.
 
Tak hanya itu, survei ini juga membuktikan bahwa orang dengan gaji di bawah Rp5 juta lebih berkeinginan untuk melakukan traveling ke luar negeri di masa pandemi ketimbang masyarakat yang bergaji di atas Rp20 juta.
 
Tercatat sebanyak 26,5 persen masyarakat bergaji Rp5 juta berkeinginan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Sementara masyarakat dengan penghasilan di atas Rp20 juta hanya 25,0 persen dan masyarakat dengan gaji antara Rp5 juta sampai Rp10 juta hanya sebesar 22,7 persen.
 
"Bicara soal traveling ke luar negeri, keinginan responden dengan penghasilan di bawah Rp5 juta jauh lebih tinggi ketimbang responden berpenghasilan di atas Rp20 juta. Mereka bahkan menduduki posisi kedua teratas," paparnya.
 
Dari survei ini dijelaskan masyarakat sangat berminat menghibur diri dengan melakukan liburan di dalam kota dan menginap di hotel alias staycation. Setidaknya ada 53,9 persen masyarakat berkeinginan untuk melakukan staycation.
 
Kemudian banyak juga yang mau melakukan perawatan diri mulai dari kulit, rambut, ataupun tubuhnya di masa pandemi, yakni sebanyak 45,5 persen. Lalu 43,9 persen masyarakat berminat untuk traveling ke luar kota.
 
Sementara itu, 37,1 persen masyarakat mulai percaya diri (pede) berkunjung ke tempat wisata. Sebanyak 27,31 persen masyarakat mau melakukan belanja barang-barang branded, serta 25,1 persen masyarakat yang mau melakukan perjalanan ke luar negeri.
 
Survei dilakukan dengan metode random sampling terhadap 400 responden yang berdomisili di Jabodetabek. Survei berlangsung pada awal kuartal IV-2020, yaitu pada 6 Oktober hingga 18 November 2020.
 
Dalam survei ini, sebanyak 13 persen responden memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan, 40,4 persen berpenghasilan Rp5 juta hingga Rp10 juta persen. Lalu 29,3 persen berpenghasilan Rp10 juta sampai Rp20 juta per bulan, dan 17,3 persen dengan penghasilan Rp20 juta ke atas per bulan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan