Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang berhasil menggagalkan penyelundupan 1,2 juta benih lobster ke Vietnam. Foto: Medcom.id/Hendrik
Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang berhasil menggagalkan penyelundupan 1,2 juta benih lobster ke Vietnam. Foto: Medcom.id/Hendrik

Legislator: Usut Dalang Penyelundupan Benih Lobster

Ekonomi penyelundupan Lobster KPPU
Medcom • 06 Oktober 2020 20:53
Jakarta: Sejumlah legislator meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU)mengusut dalang penyelundupan lobster di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Pengusutan harus dilakukan untuk mengungkap dugaan praktik oligopoli atau monopoli bisnis pengangkutan benih bening lobster (BBL).
 
"Penyelundupan ini berpotensi merugikan negara dan memunculkan persaingan yang tidak sehat," kata Anggota Komisi XI Ahmad Najib Qodratullah, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Najib mencium ada dugaan praktik monopoli bisnis pengangkutan (forwarding) BBL ke negara tetangga seperti Vietnam. Apalagi, dalam kasus ini, petugas Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang menemukan kasus ini, mendapatkan data identitas terperiksa berinisial DD dan pihak PT Parashable Logistic Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga meminta aparat untuk menyelidiki siapa di belakang dugaan permainan ekspor benih lobster ini. Agar hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.
 
"Selidiki aktor intelektual di balik penyelundupan lobster ini," kata dia.
 
Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mengapresiasi kinerja DJBC yang telah mencegah ekspor BBL tujuan Vietnam itu. Politikus Golkar ini juga melihat ada dugaan patgulipat dan praktik monopoli bisnis pengangkutan BBL.
 
"DJBC secara institusional memiliki kewenangan untuk mengawasi pelaksanaan ekspor berkaitan dengan jumlah, jenis, maupun aturan lartas (larangan terbatas) sesuai dengan UU Kepabeanan," ujar dia.
 
Misbakhun menambahkan, Komisi XI DPR telah melakukan kunjungan kerja spesifik ke Bandara Soekarno Hatta pada Jumat, 18 September. Menurutnya, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan, sempat membeberkan soal 20 dokumen pemberitahuan ekspor barang (PEB) BBL yang didaftarkan oleh 14 eksportir berbeda.
 
Dukungan terhadap Bea Cukai dan penegak hukum agar mengusut tuntas ekspor benih lobster ini juga didukung oleh Ombudsman RI. Komisioner Ombudsman RI Alamsyah Saragih mengatakan Bea Cukai punya kapasitas dan kewenangan yang cukup untuk melakukan penindakan.
 
"Mereka punya standar untuk bertindak. Selanjutnya, silakan Bea Cukai dan aparat penegak hukum melakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai kewenangan masing-masing, sepanjang sesuai ketentuan dan kewenangan," ujarnya.
 
Alamsyah mengatakan Ombudsman masih memonitor ekspor benih lobster hingga kini. Menurutnya, pemantauan dilakukan dari hulu ke hilir.
 
Baca: Bea Cukai Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Lobster ke Vietnam
 
Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta menggagalkan 1,2 juta ekor benih benih lobster yang akan diekspor ke Vietnam pada Selasa, 15 September. Ekspor benih lobster itu didaftarkan oleh 14 perusahaan eksportir dengan tujuan Ho Chi Minh City, Vietnam.
 
"Setelah dianalisis, terdapat 20 dokumen PEB yang didaftarkan oleh 14 eksportir yang berbeda," ujar Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari.
 
Curiga terdapat selisih dokumen, petugas Bea Cukai menarik kembali koli-koli tersebut. Tim, kata Finari, berhasil menarik 315 koli yang terdaftar di 19 pemberitahuan ekspor barang (PEB) dari total 20 PEB.
 
Dari hasil pemeriksaan petugas mendapati selisih yang signifikan. Petugas pun langsung menyegel dan menerbitkan 14 surat bukti penindakan. Bukti lantas diserahkan ke Bidang Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Soekarno Hatta.
 
Saat ini, barang hasil penindakan dititipkan kepada Asosiasi Pengusaha Lobster Indonesia untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.
 
(UWA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif