CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp Salman Subakat. Foto: Dok istimewa
CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp Salman Subakat. Foto: Dok istimewa

Brand Lokal Makin Digemari Masyarakat

Eko Nordiansyah • 15 Desember 2023 10:10
Jakarta: Brand-brand lokal saat ini semakin diapresiasi oleh masyarakat di dalam negeri. Meskipun ada banyak persaingan baik dari sesama brand lokal maupun luar negeri, namun brand Indonesia diharapkan bisa menjadi yang terbaik di dalam negerinya sendiri.
 
CEO Nurhayati Subakat Entrepreunership Institute (NSEI)-Paragon Corp Salman Subakat membagikan pengalaman Paragon Techonology & Innovation menavigasi brand-nya melewati masa sulit dan ramainya brand skincare pendatang baru ke dalam pasar Indonesia. 
 
Ia mengungkapkan, dahulu Paragon hanya punya Wardah dan setelah 38 tahun sudah ada 16 brand dibawah naungan perusahaan. Namun tantangan eksternal tidak kalah sengit, karena sejak 2010 ada ribuan brand baru untuk kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia.

"Kabar baiknya adalah masyarakat Indonesia kini semakin sadar dan bangga pakai brand lokal yang berkualitas, jadi saya mau semua pemilik brand lokal Indonesia untuk terus perkuat posisinya karena faktanya orang Indonesia itu cinta dengan merek lokal," ujar dia dilansir, Jumat, 15 Desember 2023.
 
Untuk memperkuat posisi brand lokal, Majalah SWA dan MARS menyelenggarakan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2023. Ada ratusan brand asli Indonesia yang selama 21 tahun terakhir ini telah berhasil mendapatkan pengakuan best brand lewat ajang bergengsi ini.
 
Baca juga: Dorong P3DN Demi Pecut Pertumbuhan Ekonomi Daerah

 
IBBA 2023 kali ini menampilkan brand berikut sebagai pemenangnya, Momogi, Bridgestone, Meccaya – Salep 88, Sharp, Kacang Garuda, Gery Saluut, Pilus Garuda, Mountea, Gery Chocolatos, Okky Jelly Drink, Chocolatos, Sanyo, Beras Sania, Viva, Hufagripp, Bank Syariah Indonesia, Polytron, Adira Finance, Auto2000, Tolak Angin Sido Muncul dan Garda Oto. 
 
"Pemenang IBBA 2023 ini adalah hasil survei, dan ini adalah penyelenggaraan yang ke-21 sehingga ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen untuk mendukung brand Indonesia menjadi best brand di dalam negerinya sendiri," ujar Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani.
 
Untuk mensurvei Indonesia Best Brand tahun ini melibatkan 5.000 responden baik itu personal maupun rumah tangga. Dalam survei, ada 124 kategori produk serta nama-nama baru di kategori baru maupun di kategori yang sebelumnya sudah ada.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan