Ilustrasi kerja WFH. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi kerja WFH. Foto: Medcom.id.

Menaker Minta Pengusaha Kembali Beri Opsi WFH ke Pekerja

Ekonomi pekerja asing Kemenaker wfh Lebaran 2022 Pengusaha Ramadan 2022
Annisa ayu artanti • 08 Mei 2022 08:09
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menyarankan pengusaha untuk berkomunikasi dengan pekerja terkait opsi bekerja secara remote atau bekerja di rumah (work from home/WFH) untuk mengurai kemacetan pada arus balik Idul Fitri 1443 H.
 
"Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi kita di mana pengaturan ini pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi covid-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik," kata Ida melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Minggu, 8 Mei 2022.
 
Namun, Ida juga menjelaskan, pelaksanaan WFH atau bekerja secara remote tersebut harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun begitu, sekali lagi, pelaksanaannya tentu berdasarkan atas kesepakatan bersama dan memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku," ucapnya.
 
Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan instansi pemerintah dan swasta menerapkan WFH sementara waktu setelah cuti lebaran. Usulan disampaikan guna menghindari pergerakan serentak dalam arus balik mudik lebaran.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sudah meminta instansi pemerintah menerapkan WFH selama sepekan usai cuti lebaran. Tjahjo mengatakan penerapan WFH tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif