Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

BPS: Secara Umum Kepatuhan Prokes Masyarakat Cukup Baik

Eko Nordiansyah • 15 Maret 2022 19:19
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan secara umum cukup baik. Rata-rata tingkat kepatuhan untuk melaksanakan perilaku 5M mencapai 70 persen sebagaimana hasil survei perilaku masyarakat pada masa pandemi covid-19 oleh BPS.
 
"Kepatuhan responden dari wilayah Jawa-Bali relatif lebih baik dibandingkan dengan luar Jawa-Bali. Dari lima prokes yang ada, yang paling rendah kepatuhannya adalah menjaga jarak dan mengurangi mobilitas," kata Kepala BPS Margo Yuwono, dalam video conference, Selasa, 15 Maret 2022.
 
Ia merinci, tingkat kepatuhan untuk memakai masker secara nasional mencapai 84,5 persen dengan kepatuhan di Jawa-Bali 87,6 persen dan luar Jawa-Bali 78,5 persen. Sementara kepatuhan untuk mencuci tangan mencapai 77,7 persen, serta kepatuhan menjaga jarak adalah 71,1 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk kepatuhan menghindari kerumunan tercatat sebesar 73,5 persen dengan kepatuhan di Jawa-Bali 77,2 persen dan di luar Jawa-Bali 66 persen. Sedangkan kepatuhan mengurangi mobilitas tercatat 70,8 persen, dengan kepatuhan di Jawa-Bali 74,5 persen dan di luar Jawa-Bali 63,5 persen.
 
Margo menambahkan, sebanyak 66,6 persen responden telah menerima vaksin dosis kedua, sedangkan 25,9 persen telah menerima vaksin booster dan 4,7 persen yang baru divaksin. Hanya 2,7 persen responden mengaku belum menerima vaksinasi dengan alasan tertentu.

 
"Partisipasi responden dalam mengikuti program vaksinasi sangat baik mencapai 97,3 persen. Mayoritas responden mengikuti vaksinasi karena kesadaran pribadi atau 77,5 persen. Sedangkan 28,7 persen responden yang belum melakukan vaksinasi beralasan karena khawatir efek samping atau tidak percaya efektivitas vaksin," ungkapnya.
 
Berdasarkan penerima vaksin, tercatat kepatuhan responden yang telah menerima vaksin booster lebih tinggi dibandingkan dengan lainnya. Kepatuhan untuk memakai maskernya mencapai 89,7 persen, mencuci tangan 85,5 persen, menjaga jarak 78,3 persen, menghindari kerumunan 80,5 persen, dan mengurangi mobilitas 76,2 persen.
 
"Total responden yang mengikuti survei, sebanyak 97,3 persen sudah divaksinasi. Yang belum melakukan vaksinasi, harapannya kepatuhan terhadap prokes perlu ditingkatkan, dan juga perlu diinformasikan dan disosialisasikan vaksinasi baik untuk dilakukan," pungkas dia.
 
Survei BPS ini dilakukan selama 16-25 Februari 2022 dengan diikuti oleh 254.817 responden yang terbagi dalam dua wilayah yaitu Jawa-Bali, dan wilayah luar Jawa-Bali. Metode survei yang digunakan BPS adalah nonprobability sampling yang disebarkan secara berantai (snowball).
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif