Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. FOTO: Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. FOTO: Kemenperin

Bangga Buatan Indonesia 2022, Kemenperin Dongkrak Potensi IKM Lampung

Husen Miftahudin • 02 Maret 2022 20:32
Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dukungan itu dengan mengangkat beragam potensi kekayaan dan kemampuan industri di Tanah Air, termasuk sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM).
 
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Gerakan Nasional ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi, serta mempromosikan produk-produk lokal berkualitas agar pelaku IKM nasional terus tumbuh dan berkembang.
 
"Melanjutkan kesuksesan kampanye tahun lalu, pada tahun ini Kemenperin kembali menjadi movement manager Bangga Buatan Indonesia dengan menggandeng Pemerintah Provinsi Lampung. Kami mengusung tema 'Lagawi Fest', dengan tagline 'Lampung Bangga Wirausaha Industri, Satu Bumi Juta Karya'," ujar Agus dalam siaran pers, Rabu, 2 Maret 2022.

Agus mengungkapkan bahwa tema tersebut digaungkan untuk menunjukkan semangat IKM Lampung sebagai wirausaha industri yang berdaya saing, dengan segala kreativitas dan keragaman produk lokal yang dihasilkan.
 
"Tema ini sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia, yaitu Recover Together, Recover Stronger," tutur dia.
 
Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menjadi program kontinyu untuk meningkatkan jumlah unit artisan Indonesia, baik UMKM dan IKM. Program ini dijalankan secara kolaboratif dengan melibatkan kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, top brands, media massa, dan stakeholder lainnya.
 
"Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini ditargetkan dapat mendongkrak jumlah artisan Indonesia dari 11,7 juta menjadi 30 juta UMKM dan IKM pada 2023, serta untuk meningkatkan permintaan terhadap produk ekonomi kreatif buatan artisan Indonesia," sebut Agus.
 
Hingga akhir 2021, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia telah menghasilkan 9,2 juta unit UMKM onboarding atau memiliki akun digital, dan 17,2 juta UMKM berhasil masuk ke dalam ekosistem digital.
 
"Gerakan ini menyasar artisan Indonesia, pelaku UMKM atau IKM yang memiliki produk dan jasa dengan nilai tambah dan kualitas tinggi, keunikan, atau spesialisasi yang jarang dimiliki oleh pesaing negara lain," pungkas Agus.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan