Ilustrasi mobil listrik - - Foto: dok AFP
Ilustrasi mobil listrik - - Foto: dok AFP

Sederet Perusahaan Asal Eropa Investasi di Baterai Mobil Listrik RI

Ekonomi Investasi Asing indonesia-uni eropa Baterai Litium Kendaraan Listrik Kementerian Investasi Baterai kendaraan Listrik
Eko Nordiansyah • 27 April 2022 14:10
Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut sederet perusahaan asal Eropa menyatakan minatnya untuk berinvestasi di industri baterai mobil listrik.
 
Setelah LG dan Contemporary Amperex Technology Co Limited (CATL), kini p
rodusen mobil seperti Volkswagen (VW) hingga BASF dan British Volt sepakat akan ikut serta.
 
"Terakhir sudah positif BASF masuk, VW sudah positif masuk. Jadi sekarang yang masuk itu, LG, CATL, BASF, VW, British Volt dari Inggris," kata Bahlil dalam video conference, Rabu, 27 April 2022.
 
Meski tak merinci besaran rencana investasi dari perusahaan tadi, Bahlil mengungkapkan sudah ada kesepakatan antara mereka dengan Indonesia. Nantinya kesepakatan ini akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) kedua belah pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, masuknya sejumlah perusahaan Eropa ini tentu akan membuat perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla berpikir ulang. Hingga saat ini, Tesla masih belum mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di Indonesia.
 
"Jadi kalau Tesla nggak masuk, Amerika akan disuplai oleh Eropa dan UK. Jadi secara geoekonomi Tesla akan melihat ini sebagai suatu yang menarik untuk dikembangkan," ungkapnya.
 
Menurut Bahlil, pengembangan industri baterai mobil listrik di dalam negeri sangat menarik bagi para investor. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan nikel ore terbesar di dunia sebagai salah satu bahan baku baterai listrik.
 
"Sangatlah rugi kalau para investor tidak mau menanamkan modalnya di Indonesia. Kenapa? Karena kita punya keunggulan komparatif yang tidak dimiliki negara lain secara mutlak," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif