Ilustrasi Virus Korona. Foto : AFP.
Ilustrasi Virus Korona. Foto : AFP.

AP I Akui Beberapa Bandara Sepi Akibat Korona

Ekonomi bumn angkasa pura 1
Suci Sedya Utami • 07 Maret 2020 05:16
Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mengakui bandara-bandara yang berada di bawah wilayah operasinya turut terdampak wabah virus korona (covid-19).
 
Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I Devy Suradji mengatakan dari 15 bandara yang dikelola AP I, Bandara Internasional Juanda Surabaya merupakan yang paling besar terkena dampaknya. Banyak penerbangan domestik melalui bandara tersebut dibatalkan. Kendati demikian ia tidak menyebutkan jumlah detail penurunan.
 
"Domestik yang paling banyak cancel itu Surabaya," kata Devy dalam bincang santai dengan media di Jakarta Pusat, Jumat, 6 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut juga disampaikan oleh Direktur Utama AP I Faik Fahmi. Ia bilang Bandara Juanda memang mengalami penurunan pengunjung.
 
Namun demikian dari sisi finansial, yang paling terdampak akibat penyebaran covid-19 yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar-Bali. Sebab bandara tersebut merupakan transit tujuan destinasi wisata di dalam negeri sehingga banyak penerbangan yang singgah di sana.
 
Faik bilang ada 35 penerbangan menuju Bali dari 22 kota di Tiongkok yang dibatalkan dalam sehari. Jumlah tersebut setara 6.800 penumpang per harinya. Kendati demikian kondisi di bandara tersebut masih tetap ramai.
 
"Di beberapa bandara memang sepi, tapi Bali Jakarta masih sangat ramai. Surabaya agak drop. Tapi beberapa di wilayah timur masih, karena enggak ada alternatif transportasi lain. Masyarakat masih butuh untuk bisnis," ujar dia.
 
Secara nasional ada sekitar 12.703 penerbangan baik yang menuju dan dari 15 bandara yang dikelola AP I dibatalkan sepanjang dua bulan tersebut. Dari jumlah itu 11.680 merupakan penerbangan domestik dan 1.023 adalah penerbangan internasional.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif