Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa. Foto: Dok LPS
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa. Foto: Dok LPS

Dalam Kondisi Baik, LPS Nilai Perbankan Turut Menggerakan Perekonomian

Eko Nordiansyah • 29 November 2022 23:39
Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan kondisi perbankan saat ini sangat baik. Menurutnya, ini tidak terlepas dari peran para pelaku industri perbankan yang menjalankan bisnis dengan baik dan prudent.
 
Seperti diketahui, perbankan nasional saat ini dalam kondisi yang sangat baik tercermin dari sejumlah indikator. Salah satunya adalah level permodalan (CAR) yang per Oktober 2022 berada pada level 25,09 persen atau dalam kondisi yang sehat.
 
Intermediasi perbankan pada Oktober 2022 juga tumbuh dengan baik dengan kredit yang tumbuh sebesar 11,9 persen (yoy). Demikian pula Dana Pihak Ketiga (DPK) yang juga tumbuh stabil pada level 9,4 persen (yoy) di periode yang sama. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua hal tersebut menunjukkan dana dari sektor perbankan secara perlahan telah kembali mengalir ke sektor riil untuk menggerakkan perekonomian," kata Purbaya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 29 November 2022.
 
Oleh karena itu, LPS menggelar LPS Banking Award 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada industri perbankan yang turut mendukung, dan berperan aktif dalam memajukan industri keuangan untuk mendorong perekonomian nasional.
 
Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan dan Statistik LPS Priyanto Budi Nugroho menjelaskan, tahap pengumpulan data sudah dimulai sejak Oktober 2022. Terdapat beberapa penghargaan yang diberikan berdasarkan kategori masing-masing bank.
 
Sedangkan tahap penjurian ini adalah penjurian untuk kategori, Bank Teraktif Dalam CSR, Bank Teraktif Dalam Literasi Keuangan masyarakat dan yang terakhir adalah Bank Teraktif dalam praktik Green Banking. Kemudian, untuk dua kategori lainnya ditentukan oleh Bank Terbaik Dalam Kepatuhan SCV dan Bank Teraktif Dalam Inisiatif Sosialisasi LPS.
 
Selain Budi, dewan juri LPS Banking Award 2022 terdiri dari Direktur Utama Infobank Eko B. Supriyanto, Ketua Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat, Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Joko Suyanto, Sekjen Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) Anika Faisal dan Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Telisa Aulia Felanti.
 
Baca juga: Mendag Optimis Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Meski Ada Prediksi Resesi

 
Pada LPS Banking Award ini didapat para pemenang dari lima kategori, yakni Bank Teraktif Dalam Kegiatan CSR kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT BPD Jawa Barat dan Banten, serta PT Bank Syariah Indonesia Tbk.
 
Lalu Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT BPD Jawa Barat dan Banten, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, dan PT BPR Lestari Bali.
 
Bank Teraktif dalam Praktik Green Banking diberikan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. 
 
Kemudian Bank Terbaik dalam Kepatuhan Pelaporan SCV (Single Customer View) kepada PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk, PT Bank Jago Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
 
Terakhir, Bank Terbaik dalam Menyampaikan Informasi Mengenai Program Penjaminan Simpanan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank BTPN, Tbk, PT BPD Lampung, PT BPD NTB Syariah, dan PT BPR Sukawati Pancakanti Bali.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif