Ilustrasi Ninja Xpress. Foto: dok Ninja Xpress.
Ilustrasi Ninja Xpress. Foto: dok Ninja Xpress.

Harbolnas Dongkrak Pengiriman Paket Perusahaan Logistik

Ade Hapsari Lestarini • 16 Januari 2021 11:20
Jakarta: Ninja Xpress, penyedia layanan logistik last mile di Asia Tenggara mencatat jumlah pengiriman lebih dari 150 juta paket sepanjang 2020. Selain itu juga membukukan pertumbuhan kinerja signifikan selama pandemi covid-19.
 
"Dengan obsesi untuk selalu menempatkan konsumen sebagai prioritas utama, serta fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang obsesif guna mendapatkan pengalaman layanan pengiriman yang aman dan nyaman, Ninja Xpress mencatat lonjakan pengiriman pada periode hari belanja online nasional (harbolnas) 10.10 sampai dengan 12.12 hingga mencapai lebih dari 35 juta paket," tutur Country Head Ninja Xpress Ignatius Eric Saputra, dalam keterangan resminya, Sabtu, 16 Januari 2021.
 
Adapun sebelum harbolnas, sejak Juli hingga Oktober 2020, Ninja Xpress mencatat pengiriman sebanyak lebih dari 400 ribu paket setiap hari. Persentase kenaikan pada masa harbolnas tercatat mengalami kenaikan kurang lebih 40 persen dibanding pada masa normal.

Lonjakan pengiriman yang signifikan selama musim festival belanja online, khususnya harbolnas 10.10 hingga 12.12, membuat kinerja Ninja Xpress sangat baik dengan layanan pengiriman barang ke 100 persen wilayah Indonesia dengan succes rate sebesar 98 persen.
 
Selain itu, berbagai upaya serta inovasi yang dilaksanakan Ninja Xpress juga telah mendorong pencapaian sepanjang 2020 ini.
 
"Melalui semangat #ObsesiUntukNegeri untuk memberdayakan UKM lokal, dengan visi untuk tumbuh bersama para pelaku ekonomi digital khususnya para pelaku UKM di media digital dan media sosial, Ninja Xpress telah menyelenggarakan program-program pengembangan yang telah membantu lebih dari 2.000 shipper melalui program Ninja Academy," jelasnya.
 
Kemudian pada September 2020 kemarin, Ninja Xpress telah meluncurkan Program Aksilerasi, program percepatan peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM untuk dapat bertahan dan terus tumbuh, terutama di dunia digital. Program ini dirancang secara komprehensif, mendalam, sistematis, terstruktur, dan aplikatif melalui rangkaian pelatihan secara online selama tiga bulan dan tanpa biaya dari para mentor profesional yang sudah terbukti di bidangnya masing-masing.
 
Tidak hanya itu, sebagai upaya memberikan dukungan yang tepat guna, Ninja Xpress akhir 2020 juga mengadakan survey terhadap 400 responden UKM untuk mendengar tantangan dan isu yang tengah dihadapi dalam masa sulit seperti saat ini agar dapat memberikan program dan dukungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan para UKM.
 
"Semua temuan dan insight seputar UKM tersebut dirangkum dalam laporan 'Suara UKM Negeri' untuk menjadi bahan acuan bagi Ninja Xpress serta akselerator UKM lainnya agar lebih tepat guna dan tepat sasaran," tambah dia.
 
Sedangkan untuk pengguna individu, Ninja Xpress memiliki layanan yang bekerja sama dengan Grab Express untuk on-demand delivery yang melayani pengiriman ke 100 persen wilayah Indonesia. Paket dijemput ke rumah sesuai permintaan konsumen. Hingga saat ini, layanan pick-up sudah berekspansi ke beberapa kota termasuk Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta (Sleman dan Bantul), dan Surabaya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan