Plastik. Foto : MI/Sumaryanto.
Plastik. Foto : MI/Sumaryanto.

Dampak Pandemi hanya Terjadi di Awal, Bisnis Produk Plastik Mulai Pulih

Ekonomi Industri Plastik pandemi covid-19
Annisa ayu artanti • 06 Januari 2021 19:55
Jakarta: PT Lotte Chemical Titan Tbk (FPNI) mengakui saat ini dampak pandemi covid-19 mulai berangsur pulih. Permintaan dan volume produksi pun mulai meningkat.
 
Direktur Keuangan Lotte Chemical Titan Calvin Wiryapranata mengatakan semua sektor ekonomi pasti merasakan dampak pandemi. Namun, bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan produk yang terbuat dari plastik dampak tersebut terjadi pada awal pandemi saja.
 
"Kita masih produksi normal, volume last year ada kenaikan, penjualan juga. Permintaan hanya terganggu pada awal pandemi Maret-April itu domestik agak terganggu," katanya dalam public expose, di Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Calvin menjelaskan secara perlahan perusahaan bisa melakukan pemulihan akibat dampak pandemi tersebut, khususnya untuk petrokimia dan bahan baku packaging. Saat ini packaging tetap dibutuhkan dan demand terhadap produk plastik tetap ada.
 
"Pada saat waktu domestik berbenah menghadapi pandemi. Saat itu market ekspor terbuka, Tiongkok recover sehingga bisa ekspor. Overall sampai september kenaikan 10 persen," jelasnya.
 
Lebih lanjut, untuk proyeksi bisnis 2021 Calvin menuturkan industri plastik masih akan stabil. Permintaan akan tetap ada meskipun pandemi.
 
Namun ia mengungkapkan tidak bisa memprediksi harga karena volatilitas sangat tinggi.
 
"Secara bisnis petrokimia memang industri plastik packaging demand stabil. Demand akan tetap stabil walaupun ada pandemi," tukasnya.

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif