Ilustrasi subsidi upah - - Foto: dok Medcom
Ilustrasi subsidi upah - - Foto: dok Medcom

Kemnaker Salurkan Bantuan bagi Pekerja Informal dan Pelaku Usaha Mikro

Ekonomi Tenaga Kerja UKM Upah Kemenaker Bantuan Langsung Tunai Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Eko Nordiansyah • 27 Agustus 2021 14:17
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan bantuan bagi para pekerja informal maupun pelaku usaha mikro terdampak selama penerapan PPKM. Mereka saat ini tidak termasuk dalam kelompok penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).
 
Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono menjelaskan bantuan tersebut disiapkan melalui program Tenaga Kerja Mandiri. Bantuan ini merupakan bagian dari program reguler perluasan kesempatan kerja di masa pandemi covid-19.
 
"Program ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemenaker untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dan kebijakan PPKM level empat yang berakibat pada pelemahan perekonomian," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 27 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemnaker menargetkan sebanyak 100 ribu pelaku usaha di seluruh Indonesia bakal menerima bantuan tersebut. Mereka terdiri dari kelompok-kelompok usaha kecil, seperti warung makan, peternak lele, petani, kuliner kekinian, warung kopi, dan warung sembako.
 
Selain itu, Kemnaker juga menggulirkan dukungan lain untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat akibat pandemi, berupa percepatan vaksinasi pekerja atau buruh di sektor esensial, program padat karya untuk 45 ribu orang, dan BSU.
 
"Pemerintah sudah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk kepada pengusaha untuk mengatasi dampak covid-19 agar perekonomian masyarakat bergerak, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
 
Sejak bulan lalu, bantuan program Tenaga Kerja Mandiri ini sudah dilaksanakan mulai dari di Jakarta, pada 26 Juli 2021. Bantuan ini diterima oleh empat kelompok usaha di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, dan Sumur Batu Jakarta Pusat.
 
Kemudian di Kota Surakarta pada 8 Agustus 2021, bantuan diserahkan Suhartono kepada empat kelompok PKL yang membuka usaha di sekitar Stadion Manahan, dan di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, pada 5 Agustus 2021 bagi lima kelompok usaha.

 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif