Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: dok Kemenaker.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: dok Kemenaker.

Pandemi Covid-19 Berdampak Positif bagi Sektor Ketenagakerjaan

Ekonomi ketenagakerjaan Kemenaker Revolusi Industri 4.0 pandemi covid-19
Antara • 25 Agustus 2021 11:36
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pandemi covid-19 memiliki dampak positif bagi sektor ketenagakerjaan. Ia mencontohkan penggunaan teknologi dalam aktivitas bekerja membuat ruang dan waktu bekerja menjadi lebih fleksibel serta efisien.
 
"Sehingga pekerjaan tidak harus dikerjakan dari kantor dengan jam kerja yang monoton," kata Ida, dilansir Antara, Rabu, 25 Agustus 2021.
 
Menurutnya, perubahan gaya hidup yang disebabkan pandemi covid-19 juga mempercepat transformasi ketenagakerjaan yang terus bergerak kepada revolusi industri 4.0.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah pun memanfaatkan teknologi dengan membuat Aplikasi PeduliLindungi, yang akan menjadi instrumen vital dalam pelaksanaan kerja 100 persen di kantor oleh beberapa perusahaan. Aplikasi ini dapat memonitor dan mengendalikan aktivitas bekerja di perusahaan.
 
"Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bersifat real-time, terpadu dan disimpan menjadi big data di Kementerian Informasi dan Komunikasi," imbuh Ida.
 
Pemerintah juga akan mempercepat program vaksinasi yang akan menjadi salah satu syarat utama berbagai aktivitas, termasuk bekerja. Karena itu, semua pekerja atau buruh harus segera divaksinasi.
 
"Sesuai arahan Bapak Presiden, maka kita semua harus siap bangkit serta memasuki masa endemi, kita harus terbiasa melanjutkan hidup berdampingan dengan virus covid-19," katanya.
 
Selain dengan vaksinasi, berdampingan dengan covid-19 juga dilakukan dengan terus menjaga imunitas jiwa dan raga, serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pemerintah, termasuk Kemenaker, juga sedang menyiapkan peta jalan memasuki masa endemi.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif