Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Foto: dok PLN.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Foto: dok PLN.

PLN Gandeng Himbara Bangun SPKLU di Tanah Air

Annisa ayu artanti • 28 Maret 2022 21:48
Jakarta: PT PLN (Persero) mendapat dukungan dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dalam pelaksanaan transisi energi berupa pembiayaan untuk pembangunan dan pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).
 
Dukungan pembiayaan tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PLN yang dilakukan oleh Direksi PLN bersama Direksi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Mandiri Tbk (Mandiri), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).
 
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN bersama Himbara berkomitmen untuk mengembangkan energi bersih dan menurunkan emisi karbon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kerja sama ini bukti nyata dukungan Himbara terhadap pelaksanaan transisi energi sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan upaya mendukung ekosistem kendaraan listrik guna mempercepat tercapainya target net zero emission pada 2060," ucap Darmawan melalui keterangan tertulisnya, Senin, 28 Maret 2022.
 
Ia menjelaskan, pembangunan SPKLU yang masif sangat penting dalam mendukung kendaraan listrik di Indonesia. Langkah PLN dalam mempercepat pengadaan SPKLU sebagai komitmen PLN dalam transisi energi dan mengurangi emisi karbon.
 
Dengan adanya dukungan dari Himbara, ia juga berharap pembangunan dan pengembangan SPKLU akan meningkatkan minat masyarakat dalam memiliki kendaraan listrik. "Masyarakat akan semakin mudah menemukan fasilitas pengisian tenaga listrik," ujarnya.
 
Darmawan pun meyakini, kerja sama ini juga akan berdampak pada citra positif Indonesia di mata dunia Internasional. Sebabnya, program-program penggunaan energi yang ramah lingkungan ikut didukung oleh perbankan nasional.
 
"Kami harapkan dukungan Himbara terhadap program pengembangan energi hijau akan terus berlanjut, khususnya pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik nasional," pungkasnya.
 
Hingga Februari 2022, total SPKLU secara nasional tercatat sebanyak 267 unit yang tersebar di 195 lokasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 120 SPKLU yang tersebar di 92 lokasi merupakan milik PLN.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif