Ilustrasi. Foto: dok MI.
Ilustrasi. Foto: dok MI.

Arus Mudik Lebaran, Wings Air Tambah Penerbangan Ternate-Ambon

Ekonomi Mudik Lebaran Penerbangan Wings Air Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Antara • 01 Mei 2022 19:29
Ternate: Maskapai penerbangan Wings Air menyatakan, jumlah penerbangan di rute Ternate-Ambon dari dan menuju Bandara Sultan Babullah, Provinsi Maluku Utara, selama Ramadan hingga H-1 Idulfitri 1443 H ditambah menjadi enam kali dalam sepekan.
 
"Aktivitas penerbangan untuk rute Ternate-Ambon selama Ramadan hingga menjelang Lebaran dibuka setiap hari, kecuali Rabu tidak beroperasi," kata Supervisor Lion Air Cabang Ternate, Alfian Hi Logah kepada Antara, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Untuk pesawat yang akan digunakan adalah tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas Ekonomi dengan tata letak 2-2 dan pada pesawat ATR, proses naik dan turun penumpang akan dilakukan melalui pintu belakang dan hal ini merupakan upaya untuk meminimalisasi interaksi bertatapan langsung antarpenumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyatakan, sebelumnya, jadwal penerbangan akan tersedia tiga kali dalam seminggu, yakni pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Akan tetapi pada Ramadan hingga saat ini menjadi enam kali dalam seminggu yakni pada Senin, Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.
 
Dia menyebut, di hari normal biasanya tarif Wings Air untuk sekali jalan rute Ternate-Ambon adalah mulai dari Rp839.600. Sedangkan tarif Wings Air sekali jalan untuk rute Ambon-Ternate adalah mulai dari Rp864.600.
 
Akan tetapi, pada Ramadan hingga arus mudik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah ini, harga tiket untuk Ternate-Ambon PP pada hari ini hingga hari H Lebaran Idulfitri berkisar Rp928 ribu per orang.
 
Sebelumnya, maskapai penerbangan Wings Air menambah frekuensi penerbangan rute Ternate-Manado Sulawesi Utara, menyusul tingginya penumpang arus mudik dari dan ke Ternate untuk berlebaran di kampung halamannya.
 
Pihaknya menambah frekuensi penerbangan untuk rute Ternate-Manado, karena padatnya penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara.
 
"Khusus maskapai Wings flight untuk rute Ternate-Manado biasanya flight enam kali sehari, tetapi karena padatnya penumpang arus mudik dari Ternate ke Manado, sehingga pihaknya menambah satu flight pada pagi hari menjadi tujuh kali sehari untuk memenuhi kebutuhan arus mudik dari Ternate ke Manado," katanya.
 
Kendati telah menambah frekwensi penerbangan untuk pagi harinya, tetapi masih banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket karena ada penumpang yang sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum H-2 Lebaran Idulfitri.
 
Dia menyebut, untuk pesawat rute Ternate ke berbagai kota seperti Makassar dan Jakarta menggunakan Lion Air boeing 738 dan pesawat air bus dengan penumpang setiap flight 189 penumpang dengan tiga kali flight.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif