Ilustrasi. FOTO: Kementerian BUMN
Ilustrasi. FOTO: Kementerian BUMN

Cek Jadwal Operasional LRT Jabodebek

Annisa ayu artanti • 08 Februari 2022 11:25
Jakarta: LRT Jabodebek yang ditargetkan beroperasi pada Agustus 2022 direncanakan beroperasi mulai pukul 05.45 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Jam pelayanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam mengawali aktivitas di pagi hari sampai menjelang tengah malam.
 
"Untuk melayani masyarakat serta memastikan keandalan sarana dan prasarana seoptimal mungkin, KAI telah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk menentukan jam operasional LRT Jabodebek,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 8 Februari 2022.
 
Pada saat beroperasi, headway atau waktu antara LRT Jabodebek pada 3 lintas pelayanannya diklaim sangat singkat. Headway pada lintas pelayanan 1 antara Harjamukti-Cawang dan lintas pelayanan 3 Jatimulya-Cawang hanya enam menit, bahkan lintas pelayanan 2 Cawang-Dukuh Atas hanya tiga menit.

Ia menjelaskan, headway LRT Jabodebek dipengaruhi oleh sistem Communication-Based Train Control (CBTC) yang digunakan. Sistem ini dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis disertai supervisi dari pusat kendali operasi.
 

"KAI berencana mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari, dalam satu trainset terdiri dari enam unit kereta. Dengan demikian akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114 ribu pelanggan per hari," tuturnya.
 
Dalam kondisi normal, lanjutnya, satu trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri. Namun jika kondisi padat, LRT Jabodebek dapat menampung 1.308 pelanggan.
 
Terdapat 18 stasiun yang akan dilewati LRT Jabodebek yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.
 
"Saat ini stasiun-stasiun tersebut sedang dalam tahap pemasangan sistem ticketing dan fasilitas yang ada di stasiun seperti lift, eskalator, tangga manual, toilet, Platform Screen Door (PSD), announcer di stasiun dan di dalam kereta otomatis yang dikendalikan dari pusat, hingga ruang pemeriksaan kesehatan untuk menunjang kenyamanan pelanggan,” pungkasnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan