Dikenal sebagai penyanyi sekaligus pemain sinetron dan film, Sarwendah mulai dikenal saat terjun ke dunia hiburan dan bergabung dengan girlband Cherrybelle di tahun 2011. Melewati berbagai tantangan dan akhirnya memilih solo karier, namanya semakin meroket hingga akhirnya menjalin hubungan spesial dan menikah dengan presenter kondang, Ruben Onsu. Dianggap jeli melihat peluang besar untuk menghasilkan cuan, Sarwendah kerap kali melakukan live.
Setelah melihat keseruan suami dan rekan-rekan artis lainnya memetik keuntungan lebih besar, kini ibu tiga anak ini menambah lapak live streaming ke Shopee Live. Berbekal pengalaman dan kemampuannya saat mengadakan livestream dan selalu mendapat antusiasme yang luar biasa dari penontonnya, membuat Sarwendah semakin semangat dan mantap untuk live streaming di Shopee Live secara rutin. Hal ini tentu bertujuan agar ia semakin meningkatkan interaksi dengan followersnya dan pengguna Shopee karena jangkauan yang diraih semakin luas.
Tidak hanya keuntungan atau omzet yang bombastis, banyaknya promo yang dihadirkan Shopee Live semakin membuat Sarwendah yakin akan jaminan banyaknya pengguna yang berbelanja. Spesial kali ini, Sarwendah akan mengadakan live streaming di Shopee Live pada 4 Agustus 2023, melalui akun tokonya @Sarwendahofficial.
Sepanjang live streaming nanti, pengguna dapat belanja di Shopee Live dan menikmati promo Shopee Live, Semua Diskon 50% untuk memenuhi beragam produk yang lengkap pada pukul 20.00-22.00 WIB. Akan hadir beragam produk favorit dari berbagai kategori, baik fashion, beauty, mom & baby, maupun home & living yang bisa pengguna temukan dengan potongan harga yang besar-besaran. Tentu akan banyak kejutan yang dihadirkan di Shopee Live bersama artis lainnya seperti Ruben Onsu, Raffi Ahmad, dan dr. Richard Lee nantinya!

(Sumber: Aplikasi Shopee)
Berita kesuksesan Raffi Ahmad pecahkan rekor Live Streaming dengan total transaksi 7 miliar di 7.7 Shopee Live Bombastis Sale benar-benar memiliki efek luar biasa. Tidak hanya membuat para pembeli dan penjual terlena untuk bergabung, berbelanja dan memanfaatkan promonya, tetapi juga menarik antusiasme para streamer untuk ikut berjualan di Shopee Live.
Di luar itu, sesuai dengan data SimilarWeb, Shopee masih menduduki posisi pertama sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung tertinggi pada Mei 2023 dengan 161 juta pengunjung, jauh mengungguli Tokopedia yang meraih 106 juta pengunjung, dan Lazada sebanyak 70 juta pengunjung.
Posisi kuat Shopee pada peta persaingan e-commerce saat ini nyatanya juga memberikan pengaruh signifikan pada realita pasar belanja live streaming shopping. Saat ini, cara belanja melalui live streaming atau kerap dikenal dengan sebutan live shopping, banyak menarik perhatian banyak pihak, konsumen, pelaku usaha juga deretan selebriti dan influencer. Bagaimana tidak, keseruan interaksi yang ditawarkan, peningkatan traffic untuk pelaku usaha hingga promo luar biasa yang dihadirkan memberikan banyak keuntungan untuk setiap pihak yang berpartisipasi.
Melalui riset dari Populix berjudul “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” terungkap bahwa Shopee Live merupakan platform live streaming yang paling sering digunakan untuk belanja online, jauh melampaui pesaing terdekatnya. Sebanyak 69% responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, di atas para pesaingnya seperti pemain baru TikTok Live yang jauh tertinggal dengan angka 25%. Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, sementara TikTok Live sebagai pemain baru hanya mendapatkan 30% suara.
Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukkan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order) Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56%) dalam enam bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live di angka 30%. Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar, yaitu 54% sangat jauh melampaui pesaingnya, TikTok Live (31%).
Melalui riset yang sama ini juga diketahui bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85%); kecantikan, perawatan & kesehatan (54%); gaya hidup (41%); kebutuhan rumah tangga (33%); produk sehari-hari/FMCG (32%); elektronik (25%); dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16%).
Untuk melengkapi temuan tingginya animo masyarakat menggunakan fitur live shopping untuk membeli produk fashion dan kecantikan, Populix pun menemukan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori fashion & kecantikan. Untuk kategori fashion, Shopee Live dipakai oleh 79% responden. Hal ini membuat TikTok Live sebagai pemain baru belum mampu mengimbangi dengan hasil 44%. Sama halnya untuk kategori kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71%, lebih tinggi jauh di atas TikTok Live (51%) yang gagal mengejar posisi Shopee. Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, dimana Shopee Live menjadi pilihan utama responden (66%), sementara TikTok Live (28%) belum bisa mengejar ketertinggalannya.
Mengacu pada data hasil riset tersebut dapat disimpulkan bahwa Shopee masih memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar maupun saat difokuskan pada fitur live streaming shopping.
Hal itu juga mendorong Sarwendah memutuskan memfokuskan live streaming dengan akun @Sarwendahofficial di Shopee Live mulai 4 Agustus 2023. Sarwendah menggunakan preferensi belanja pengguna, khususnya kategori produk yang paling banyak dibeli di Shopee Live. Kategori-kategori tersebut sangat lekat dan sesuai dengan preferensi belanja Sarwendah sebagai public figure dan ibu rumah tangga.
Setelah ini akan ada keseruan apalagi ke depannya? Kita tunggu saja kejutan lainnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News