"Sekitar 56 persen total revenue pasar e-commerce kita dikuasai asing. Maka dari itu, kita butuh peran banyak pihak, termasuk influencer dalam mempromosikan produk lokal," kata Menkop UKM Teten Masduki, dilansir Antara, Rabu, 20 September 2023.
Menteri Teten menuturkan di tengah perubahan pola belanja offline ke online dan serbuan produk asing. Peran influencer semakin signifikan untuk turut serta mempromosikan produk lokal.
"Kita butuh semangat bersama, semangat seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai produk dalam negeri. Karena kualitas produk buatan dalam negeri sudah bisa bersaing dengan produk asing," ujar Teten.
Semangat untuk mencintai produk dalam negeri, lanjut dia, bisa membantu UMKM untuk berkembang dan tumbuh secara berkesinambungan. Ia berkeinginan agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh masyarakat Jepang yang memiliki falsafah membeli produk dalam negeri adalah suatu cara untuk membantu negaranya menjadi bangsa yang besar.
Dikuasai produk impor
Namun, kondisi pasar offline saat ini sebagaimana riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) hampir 90 persen dari 400 perusahaan e-commerce di Indonesia dikuasai oleh produk impor. Padahal perputaran uang yang beredar di pasar e-commerce Indonesia bisa mencapai Rp300 triliun.Menteri Teten mengatakan jika masyarakat terdorong mengonsumsi barang lokal, maka keuntungan yang bisa diraih oleh UMKM pun semakin besar. Tak hanya itu, ekosistem perdagangan online bisa terbentuk dengan sangat baik.
"Kalau UMKM kita bisa memanfaatkan setengah saja lewat produk-produk lokal, kita bisa mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi, sekitar Rp150 triliun,” ungkap Teten.
Regulasi ketat
Untuk bisa merebut pasar e-commerce yang dikuasai produk impor, Teten juga mendorong lahirnya regulasi yang lebih ketat seperti pengaturan ekonomi digital yang sudah sangat mendesak untuk dilakukan.Hal itu lantaran sudah banyak UMKM yang mengeluh karena tidak bisa bersaing dengan produk dari Tiongkok yang dijual dengan harga yang tidak masuk akal.
“Ini bukan lagi dumping, tapi predatory pricing. Pasar Tanah Abang sudah sepi. Brand skin care dan kosmetik lokal juga sekarang habis dibabat oleh produk impor, padahal sebelumnya pernah menguasai perdagangan digital di Tanah Air," kata dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News