Bank DKI meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Foto: Dok istimewa
Bank DKI meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Foto: Dok istimewa

Sistem Manajemen Mutu Audit Internal Bank DKI Raih ISO 9001:2015

Eko Nordiansyah • 05 Maret 2024 21:45
Jakarta: Bank DKI meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu oleh TUV Nord Indonesia. Keberhasilan raihan sertifikasi ini sebagai bagian dari komitmen peningkatan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi audit internal.
 
Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, sertifikasi ini menunjukkan Bank DKI telah menerapkan standar internasional pada fungsi esensial audit internal serta mencerminkan dedikasi dan kerja keras kolektif dari tim manajemen.
 
"Ini merupakan komitmen Bank DKI dalam upaya meningkatkan kualitas operasional Perseroan, khususnya sistem audit internal," kata Amirul dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 5 Maret 2024.

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan salah satu kerangka kerja standar yang diakui secara global untuk manajemen mutu, yang penilaiannya dilandaskan pada tujuh prinsip, diantaranya Customer Focus (Fokus pada pelanggan), Leadership (Kepemimpinan), Engagement of People (Keterlibatan sumber daya manusia).
 
Selanjutnya prinsip Process Approach (Pendekatan proses), Improvement (Peningkatan secara terus menerus), Evidence-Based Decision Making (Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta), dan Relationship Management (Manajemen hubungan dengan stakeholder).
 
"Keberhasilan ini akan memberikan dampak positif pada peningkatan produktivitas dan kinerja operasional Perseroan secara keseluruhan, serta memperkuat posisi Bank DKI di industri perbankan secara regional maupun nasional," ujarnya.
 
Bank DKI telah melalui serangkaian proses penilaian sehingga ditetapkan memenuhi standar ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu Audit Internal, yaitu Audit Stage 1 dengan penilaian meliputi Review of system, Review of documented management system, Review of risk & opportunity process, and Organization knowledge.
 
Baca juga: Dukung Jakarta Global City, BUMD di DKI Diminta Tingkatkan Sinergi

 
Kemudian Audit Stage 2 yang meliputi wawancara terkait proses audit secara keseluruhan kepada Pemimpin Satuan Kerja dan Pejabat setingkat Pemimpi Divisi pada Satuan Kerja Audit Internal, diantaranya Divisi Audit Teknologi Informasi, Divisi Manajemen Audit, Divisi Audit Umum, dan Unit Kontrol Internal Cabang (KIC).
 
Sertifikasi ini juga menambah deretan sertifikasi berstandar internasional yang diterima dan dipertahankan oleh Bank DKI, meliputi Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dalam Proses Pengadaan Barang dan Jasa.
 
Bank DKI telah mendapatkan ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada Penyediaan Layanan Super Apps JakOne Mobile, ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada IT Helpdesk Services, dan ISO 31000:2018 Sistem Manajemen Risiko.
 
Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan, sertifikasi ini mengindikasikan kesiapan perseroan menghadapi tantangan dan perubahan dinamis dalam industri perbankan. Hal ini juga merupakan langkah positif dalam membangun kepercayaan nasabah dan Pemangku Kepentingan.
 
"Dengan mengacu pada prinsip-prinsip ISO 9001:2015, Bank DKI telah menetapkan komitmen jangka panjang untuk menjalankan operasional Perseroan berlandaskan prinsip transparansi, integritas, dan fokus pada kepuasan pelanggan," tutup Arie.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan