Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Foto: dok Biro Humas Kemendag.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Foto: dok Biro Humas Kemendag.

Mendag Incar Perdagangan di Inggris dan Kanada

Ekonomi perdagangan ri ekspor otomotif Kementerian Perdagangan M.Lutfi
Annisa ayu artanti • 29 Januari 2021 21:11
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melirik perdagangan di beberapa negara, khususnya Kanada dan Inggris Raya. Negara ini diincarnya pascakeluar dari Uni Eropa atau dikenal Brexit.
 
"Ekonomi kita dengan kedua negara tersebut adalah complimentary, artinya tidak bersaing dan kita bisa saling melengkapi. Kami menganggap ini adalah terobosan yang kita harus lihat," ungkap Lutfi, dalam konferensi pers virtual Indonesian Trade Outlook 2021, Jumat, 29 Januari 2021.
 
Dia menuturkan, kendati saat ini banyak tugas yang harus dikerjakannya, dirinya harus bisa melihat peluang dari kerja sama perdagangan dengan kedua negara tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Lutfi mengatakan juga menjajaki ekspor otomotif ke Afrika Selatan. Karena pasar di sana cukup penting.
 
"Custom union di Afrika Selatan menjadi market penting untuk otomotif kita. Untuk Inggris Raya dan Kanada, kalau kesempatannya baik, kita akan masuk dalam track yang cepat," ujarnya.
 
Lutfi sebelumnya mengatakan sedang berupaya memberikan insentif pada sektor otomotif yang terpukul selama pandemi covid-19. Pemberian insentif tersebut akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.
 
Tercatat, meski neraca perdagangan Indonesia surplus sebesar USD21,74 miliar pada 2020, konsumsi masyarakat atas sektor otomotif menurun 18,06 persen.
 
"Saya ingin bicara sama Ibu Sri Mulyani, yakni untuk memberi insentif agar bisa menumbuhkan kepercayaan pasar sehingga orang mengonsumsi dulu (produk otomotif)," tutur Lutfi dikutip dari Mediaindonesia.com, Kamis, 28 Januari 2021 lalu.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif