?Pertamina EP sebut progres pemulihan CPP Gundih sesuai rencana. Foto: dok Pertamina EP.
?Pertamina EP sebut progres pemulihan CPP Gundih sesuai rencana. Foto: dok Pertamina EP.

Pertamina EP: Progres Pemulihan CPP Gundih Sesuai Perencanaan

Ekonomi pertamina ep
Husen Miftahudin • 10 Juli 2020 19:59
Jakarta: PT Pertamina EP menyatakan progres pemulihan Central Processing Plant (CPP) Gundih di Blora, Jawa Tengah yang sempat terbakar beberapa waktu lalu telah sesuai perencanaan (on the track). Kemajuan per bagian pekerjaan tetap menunjukkan perkembangan sesuai rencana.
 
General Manager (GM) Asset 4 dan Cepu Field Manager Pertamina EP Agus Amperianto mencontohkan area Thermal Oxidizer (TOX) telah mencapai progres perbaikan hingga 59 persen. Kemudian optimasi Biological Sulfur Recovery Unit (BSRU) yang sudah mencapai progres 83 persen.
 
Lalu pekerjaan maintenance dan preservasi yang sudah mencapai 65 persen. Bahkan per 23 Juni 2020 lalu, sebut Agus, tahapan pembongkaran dan penurunan Waste Heat Recovery Unit (WHRU) telah selesai 100 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara overall pekerjaan recovery CPP Gundih masih on the track, Insyaallah kami bisa menyelesaikan seluruh rangkaian pekerjaan sesuai dengan tata waktu yang telah ditetapkan," ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 10 Juli 2020.
 
Selain itu, Agus menambahkan sebanyak 125 orang yang bekerja di area CPP Gundih tetap menerapkan protokol pencegahan pandemi covid-19. Sebab aspek keselamatan (safety) dan kesehatan dalam pelaksanaan pekerjaan pemulihan CPP Gundih menjadi perhatian utama.
 
"Protokol pencegahan covid-19 menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh pihak di sana. Terapkan physical distancing, gunakan masker, dan untuk yang bekerja di ketinggian wajib menggunakan safety harness," tegasnya.
 
Terkait hal ini, Agus terus mengecek kesiapan peralatan penunjang pemulihan CPP Gundih. Bersama rombongan, Agus melaksanakan workshop visit untuk pekerjaan fabrikasi Thermal Oil Heater.
 
"Thermal Oil Heater ini bagian dari Acid Gas Removal Unit (AGRU) yang berfungsi untuk menghilangkan sulfur dan CO2 untuk memenuhi standar gas jual ke konsumen," terangnya.
 
Secara kumulatif, ungkap Agus, progres pemulihan CPP Gundih per awal Juli 2020 sudah mencapai sekitar 44 persen. "Target selesai November 2020," tutup Agus.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif