Presiden Partai Buruh Said Iqbal. Foto : Medcom.id.
Presiden Partai Buruh Said Iqbal. Foto : Medcom.id.

Partai Buruh akan Lakukan Aksi di KPU dan Bundaran HI

Ekonomi kpu buruh serikat pekerja Ekonomi Indonesia Partai Buruh
Annisa ayu artanti • 01 Mei 2022 01:38
Jakarta: Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyatakan buruh akan tetap melakukan aksi pada besok, 1 Mei 2022.
 
"Partai buruh bersama ORI KSPSI, KSPI, KPBI, KSBSI, SPI, dan 60 federasi serikat pekerja tingkat nasional serta forum guru honorer, konsorsium miskin kota (UPC), JALA PRT, buruh migran, dan ojol akan menggelar aksi May Day 1 Mei 2022 di depan kantor KPU," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 April 2022.
 
Said Iqbal mengatakan massa aksi tersebut berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang. Nantinya para buruh akan meminta tiga tuntutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, meminta KPU menyelenggarakan Pemilu jurdil. Kedua, meminta KPU mengkampanyekan tolak politik uang dan didiskualifikasi sebagai Parpol peserta Pemilu. Ketiga, meminta KPU melaksanakan Pemilu tepat waktu pada 14 Februari 2024
 
Selain itu, lanjut Said Iqbal, massa akan bergeser ke Bundaran HI untuk menyuarakan dua tuntutan lainnya yaitu mengenai harga bahan-bahan pokok dan penolakan rencana kenaikan BBM Pertalite dan elpiji 3 Kg.
 
"Karena selama 3 tahun, upah minimum riil buruh tidak pernah naik dan daya beli buruh merosot tajam sebesar 30 persen. Sehingga kenaikan harga bahan pokok, BBM, elpiji 3 Kg akan mencekik buruh dan rakyat kecil,” ucapnya.
 
Ia juga menambahkan buruh tetap menolak omnibus law UU Cipta kerja. Hal tersebut juga akan disuarakan pada esok hari.
 
“Bilamana Pemerintah dan DPR memaksakan membahas kembali UU Cipta Kerja, maka bisa dipastikan Partai Buruh serta elemen serikat buruh dan organisasi kemasyarakatan yang lain akan melakukan mogok nasional yang diikuti jutaan kaum buruh,”  pungkasnya.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif